5 Jenis Digital Marketing Paling Populer Khusus di Tahun 2022

Maudita . March 16, 2022


Jenis-jenis Digital Marketing Populer

Foto: Unsplash


Teknologi.id - Jenis digital marketing terus berubah seiring berkembangnya teknologi dan dunia internet. Dulunya, jenis digital marketing hanya sebatas content marketing atau display advertising saja.


Namun, kini ada banyak jenis digital marketing baru yang membawa dampak positif bagi kemajuan usaha, contohnya influencer marketing, affiliate marketing, social media marketing, dan masih banyak lagi.


Pengertian digital marketing adalah suatu aktivitas pemasaran (marketing) yang cara menerapkannya menggunakan bantuan perangkat elektronik maupun digital.


Pada awal 2022, sudah ada beberapa jenis digital marketing yang paling banyak dipakai perusahaan.


Untuk mengetahui apa saja jenis digital marketing yang populer di 2022, simak pembahasan di bawah ini.


Baca juga: 5 Negara di Dunia dengan Jumlah Penjudi Terbanyak, Ada Indonesia?

1. Search engine marketing


Foto: Unsplash


Search engine marketing (SEM) atau pemasaran mesin pencari adalah jenis digital marketing yang memaksimalkan sebuah situs, agar dapat tampil di bagian utama mesin pencari melalui iklan.


Biasanya, mesin pencari yang menjadi fokus untuk penerapan SEM adalah Google, Bing, dan Yahoo. 


Search engine marketing dapat dilakukan melalui pembuatan situs, pemasangan iklan, atau memakai landing page (situs khusus promosi).


Dalam search engine marketing, terdapat beberapa hal lain di dalamnya yang perlu Anda ketahui, yakni Search Engine Optimization (SEO) dan Pay Per Click (PPC).


SEO pada search engine marketing bermanfaat, agar konten yang dibuat pada situs bisa berada di peringkat satu mesin pencari.


Sedangkan PPC berguna supaya orang dapat meng-klik iklan produk Anda yang muncul di mesin pencari.


Keduanya harus ada keseimbangan guna membuat situs Anda mendapatkan visibilitas yang baik di mesin pencari.

2. Social media marketing


Foto: Unsplash


Dahulu, sebelum teknologi belum semaju sekarang, individu atau kelompok akan melakukan pemasaran lewat televisi atau media cetak. Kini, hal tersebut sudah tidak berlaku lagi.


Masyarakat abad ke-21 sekarang ini, lebih sering menonton, membaca, atau berkegiatan melalui jejaring media sosial.


Sudah jarang masyarakat, terutama kaum milenial dan gen z yang memilih menonton televisi dibanding bermain ponsel.


Oleh karena itu, cara memasarkan produk pun berpindah ke era digital, seperti social media marketing salah satunya.


Social media marketing menjadi peluang besar para pelaku usaha, karena kebanyakan masyarakat sekarang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi.


Ada berbagai media sosial yang umum dijadikan sebagai sarana pemasaran, contohnya seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, dan lain-lain.


Sudah banyak pelaku usaha yang menerapkan jenis digital marketing satu ini. Karena selain menghemat waktu, jangkauan pelanggannya pun lebih luas hingga mancanegara.

3. Influencer marketing


Foto: Unsplash


Selain menggunakan jenis digital marketing melalui media sosial, Anda juga bisa menambahkan komponen lain yang sama pentingnya, yakni influencer.


Influencer adalah seseorang yang mampu memberikan pengaruh pada orang lain. Dengan penerapan influencer marketing, produk milik Anda bisa ‘dipasarkan’ melalui mereka.


Nantinya, influencer dapat memasarkan produk dengan cara memperkenalkannya ke para pengikut (followers-nya) atau melakukan review produk.


Jenis digital marketing influencer umumnya diterapkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan seperti make up.


Contoh influencer yang cocok Anda gunakan jasanya, yakni aktor, aktris, selebritas Instagram, selebritas TikTok, atau content creator YouTube.


Baca juga: Cara Beli IPO Saham GoTo secara Online Tanpa Ribet

4. Affiliate marketing


Foto: Unsplash


Affiliate marketing masuk dalam daftar jenis digital marketing populer 2022, karena banyak orang mengaku menghasilkan pendapatan besar dari metode ini.


Definisi dari affiliate marketing sendiri adalah suatu cara di mana seseorang menjalin kerja sama dengan perusahaan atau pebisnis lain, guna mendapatkan komisi atas traffic bisnis yang telah diberikan.


Contoh paling mudah dan sedang marak terjadi saat ini adalah selebritas TikTok yang bekerja sama dengan salah satu layanan e-commerce Indonesia.


Para selebritas TikTok ini nantinya akan membuat video yang berisikan review atau ulasan mengenai suatu produk yang dijual di perusahaan e-commerce tersebut.


Jika sudah mencapai angka tertentu, maka selebritas TikTok akan mendapat komisi dari perusahaan. Sedangkan perusahaan juga mendapatkan manfaat, karena pelayanannya dipakai banyak pengguna.

5. Email marketing


Foto: Unsplash


Jenis digital marketing populer 2022 terakhir yakni email marketing. Mungkin beberapa orang menganggap email sebagai platform yang kuno dan ketinggalan zaman.


Padahal, email juga bisa digunakan sebagai salah satu sarana untuk melakukan promosi. Contohnya email marketing.


Email marketing adalah strategi pemasaran melalui email dengan berisi pesan komersial yang akan dikirimkan ke pelanggan atau calon pelanggan.


Melalui email marketing, Anda tidak hanya menjalin hubungan lebih personal dengan pelanggan, tetapi juga membangun kesan menarik dan profesional terhadap produk yang ditawarkan.


Itulah lima jenis digital marketing yang populer dan banyak dipakai perusahaan khusus di tahun 2022.


Jenis digital marketing ini perlu diterapkan secara maksimal, agar usaha Anda bisa dipasarkan dengan baik sampai ke pelanggan. Semoga berhasil.


(mdt)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar