Top 10 Cryptocurrency Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

yle.fi

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang dibuat dan dikelola menggunakan teknik enkripsi canggih berupa kode kode rahasia yang disebut dengan kriptografi. Konsep tersebut dikembangkan sebagai pertukaran informasi dan keuangan secara online. Penggunaan kode tersebut di klaim menjadikan crytocurrency sebagai mata uang yang tidak bisa di palsukan karena kode keamaanan yang canggih.

Perkembangan cryptocurrency dimulai dengan konsep akademis lalu seiring dengan berjalannya waktu muncul Bitcoin, salah satu mata uang digital pada tahun 2009. Pertumbuhan Bitcoin menarik perhatian dari tahun ke tahun dan pada April 2013 memuncak pada rekor $266 per bitcoin. Hal tersebut memancing perbincangan lebih lanjut akan masa depan mata uang digital.

Terlepas dari banyaknya perdebatan terhadap crytocurrency tidak menghalangi pertumbuhan dari mata uang digital tersebut. Saat ini Bitcoin adalah mata uang digital yang paling dikenal oleh masyarakat dunia, namun sebenarnya ada lebih dari 3.000 jenis mata uang digital. Dikutip dari coinmarketcap.com berikut 10 cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar per 4 Mei 2018.

Bitcoin menduduki peringkat pertama dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $163.7 miliar, diikuti oleh Ethereum yang nilai nya hampir setengah dari peringkat pertama yaitu $76.97 miliar. Ripple menjadi peringkat ketiga top cryptocurrency dengan nilai kapitalisasi pasar $34.15B.

Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber

Baca Juga: Bitcoin, Cryptocurrency, dan Mata Uang Digital Lain di Masa Depan (Part-1)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *