Foto: T-Rec
Teknologi.id – Dengan jumlah populasi
lebih dari 268 Juta jiwa yang tersebar di 16.000+ pulau, Indonesia menjadi pasar
yang sangat menarik bagi industri FMCG atau Fast Moving Consumer Goods.
Terlepas dari badai pandemi Covid-19
yang terjadi sejak 2020, industri FMCG adalah salah satu sektor yang paling
tahan banting karena dapat terus survive meskipun mengalami berbagai tantangan.
Dari estimasi 4,5 Juta jumlah Outlet
nasional, hampir 80% nya merupakan tipe Tradisional yang di dominasi oleh toko
kelontong dan warung. Ini merupakan hal menarik di mana toko-toko ini tersebar
di kota besar/kecil sehingga perusahaan masih memerlukan banyak bantuan dari
Tim Lapangan (SPG/SPB, Salesman, Merchandiser, Canvasser) untuk memastikan
distribusi, ketersediaan, hingga pemajangan, pemesanan dan penjualan produknya
di toko.
Masalahnya, masih banyak perusahaan
yang menggunakan cara klasik untuk mendokumentasikan proses kerja Tim
Lapangannya. Proses kerja non-digital seperti ini biasanya melibatkan banyak
paperwork sehingga meningkatkan resiko human error dan fraud sehingga validasi
data menjadi tantangan tersendiri.
Selain itu, proses nya tergolong lambat
sehingga mengurangi efisiensi dan produktivitas kerja bagi seluruh pihak.
“Dalam industri FMCG dan bisnis
ritel, speed adalah hal utama. Oleh karena itu kami berkomitmen untuk membantu
klien dalam menghasilkan data dengan tingkat validitas tinggi melalui proses
yang cepat (realtime)sehingga perusahaan mendapatkan gambaran lebih luas
mengenai kondisi yang dihadapi di lapangan saat ini agar action yang dilakukan
dapat lebih tepat sasaran.” ucap CEO T-Rec Indonesia, Dagi Hendrawan.
Berawal dari pengalaman saat bekerja
di salah satu perusahaan Multinational FMCG dimana ia mengalami kesulitan saat
harus me-manage ribuan tim lapangan di seluruh Indonesia, disitulah tercetus
konsep bagaimana mensinergikan Tim Lapangan dengan Back Office dalam satu
platform.
Setelah resign dan melakukan riset
dan development selama satu tahun, T-Rec diluncurkan pada bulan November 2015.
T-Rec merupakan singkatan dari Tracking and Recording.
Tracking (supervisi) tim lapangan dan
Recording (merekam) data-data saat mereka bertugas. Bergerak di ranah SaaS
(Software as a Service) dengan aplikasi berbasis Android, T-Rec dirancang
sesuai alur kerja dan dinamika FMCG di Indonesia.
Dengan proses kerja yang simpel dan
modul-modul yang user-friendly, aplikasi ini sangat mudah digunakan sesuai
kondisi di lapangan.
T-Rec juga dilengkapi dengan
teknologi Geo-Location akurasi tinggi, Anti FakeGPS dan fitur Proximity Lock
untuk validasi lokasi Tim dan pengambilan data saat di outlet.
Aplikasi adalah solusi bagi perusahaan FMCG dan pelaku bisnis ritel dalam melaksanakan Supervisi aktivitas harian tim lapangan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, validitas data dan kecepatan pelaporan.
Baca juga: Inspirasi Bisnis Kecil-kecilan dengan Untung Besar-besaran
Untuk malayani kebutuhan klien korporasi akan analisa data yang lebih kompleks dan mendalam, saat ini telah tersedia Advanced Dashboard yang dilengkapi dennen machine learning. Hal ini sejalan dengan arah perkembangan T-Rec sebagai platform penyedia data analytics yang andal, terkini, dan komprehensif untuk membantu Manajemen dalam merumuskan keputusan bisnis taktis maupun strategis.
Hingga Oktober 2021, T-Rec sudah melayani lebih dari ribuan User di 90 Kota dan 34 Provinsi baik dari perusahaan lokal maupun multinasional, dengan berbagai macam merk dan kategori produk yang tersebar di 800.000+ Outlet seluruh Indonesia.
Dengan mulai terkendalinya penanganan
pandemi Covid-19 dan kembali menggeliat nya sektor FMCG, jumlah User maupun
klien yang bergabung diperkirakan akan lebih meningkat dari tahun sebelumnya.
Saat dikonfirmasi mengenai rencana ke
depan, CEO T-Rec Indonesia, Dagi Hendrawan mengungkapkan bahwa T-Rec akan terus
berbenah dalam melakukan pengembangan, mulai dari penambahan fitur, efisiensi
workflow, UI / UX, pembenahan infrastruktur, hingga peningkatan kemampuan
dashboard untuk Analisa Big Data melalui teknologi Artificial Intelligence.
Selain itu, ia berharap dapat
berkolaborasi dengan platform lain seperti HRIS / Payroll, Image Recognition,
atau Distributor Management System (DMS), supaya dapat lebih melengkapi solusi
yang ditawarkan dalam T-Rec Retail Solution and Beyond.
Saat ini, T-Rec sudah tersedia di Google Playstore dan dapat di akses melalui situs https://t-rec.id/. Untuk pertanyaan mengenai aplikasi, demo / trial, atau informasi umum terkait bisnis dan Kerjasama, dapat menghubungi email di cs@id-trec.com.
(MIM)
Tinggalkan Komentar