Kelola Bisnis dengan WhatsApp Business, Fitur Baru Layanan Pelanggan Pada Desktop dan Aplikasi Webnya

Kelola Bisnis dengan WhatsApp Business, Fitur Baru Layanan Pelanggan Pada Desktop dan Aplikasi WebnyaTeknologi.id – WhatsApp tahun lalu resmi merilis aplikasi yang ditujukan sebagai layanan pelanggan bisnis kecil, yaitu WhatsApp Business untuk pengguna Android. Aplikasi ini juga telah tersedia pada versi desktop dan web. Hal ini memudahkan memindahkan beberapa fitur paling populer yang sebelumnya hanya tersedia di ponsel.

WhatsApp Business sendiri telah mencapai 50 juta unduhan di Google Play Store. Dikutip dari TechCrunch, perusahaan mengatakan aplikasi mereka telah berkembang mencapai 5 juta pelanggan bisnis. Adanya akun bisnis ini sendiri sebagai alat untuk mengatur dan menyaring obrolan, serta membalas pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Fitur ‘Reply Privately’ di Grup Chat Pengguna iOS

“Quick Replies atau Balasan Cepat”, memungkinkan pebisnis menanggapi pertanyaan umum dari pelanggan dengan balasan yang telah ditulis sebelumnya. Hal ini mirip dengan fitur yang diperkenalkan Facebook beberapa tahun yang lalu, yang disebut “Saved Replies atau Balasan Tersimpan,” yang memungkinkan pemilik bisnis dengan Halaman Facebook untuk menanggapi pelanggan dengan pernyataan yang sama berulang.

Pada WhatsApp Business ini, pebisnis bisa memicu Quick Replies dengan menekan tombil “/” pada keyboard.

Fitur ini tergabung pada layanan pelanggan, adapun yang lainnya berupa pesan salam otomatis yang bisa pula di gunakan ketika pelanggan menelpon akun bisnis. Atau adapula pesan “away atau jauh” yang dapat dijadwalkan ketika pebisnis tidak dapat segera menjawab pertanyaan baru pelanggan.

Fitur Lainnya yang Diluncurkan untuk Pengguna Web dan Desktop.

Kelola Bisnis dengan WhatsApp Business, Fitur Baru Layanan Pelanggan Pada Desktop dan Aplikasi Webnya

“Label”, hal ini ditujukan agar pebisnis dapat mengatur kontaknya menggunakan label.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Uang Antar Pengguna

“Chat list filter” atau filter daftar obrolan yang memungkinkan pebisnis menyaring daftar obrolan berdasarkan kategori. Seperti pesan yang belum dibaca, grup atau broadcast. Layaknya Quick Replies, fitur ini sebelumnya sudah tersedia lebih dahulu di layanan seluler.

Hal ini ditujukan untuk memudahkan pemilik bisnis yang bekerja pada komputer mereka – mengirim faktur, menjadwalkan janji temu dan menanggapi pertanyaan pelanggan. Mereka tidak harus beralih ke telepon mereka untuk menggunakan fitur layanan pelanggan dasar semacam ini.

(ZS)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *