Inilah Peringkat Jumlah Startup Indonesia di Dunia

Kemajuan teknologi saat ini ternyata memberikan dampak yang besar ke berbagai aspek. Salah satunya adalah aspek ekonomi yang kini mengarah ke ekonomi digital. Inovasi teknologi yang terus bermunculan membuat akses informasi, dan pemecahan masalah-masalah menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Menjamurnya perusahaan rintisan berbasis teknologi atau startup juga menjadi salah satu hasil dari pengaruh kemajuan teknologi tersebut.
Tidak hanya di negara-negara maju, pertumbuhan startup yang sangat pesat juga terjadi di Indonesia. Bahkan Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan potensi ekonomi digital terbesar di dunia. Bahkan, berdasarkan StartupRanking, Indonesia berada di peringkat ketiga dari daftar negara yang memiliki jumlah perusahaan rintisan berbasis teknologi terbanyak dibawah Amerika Serikat dan India.

Masih berdasarkan StartupRanking, Tokopedia menempati ranking startup urutan pertama di Indonesia disusul oleh Bukalapak, Blibli dan Traveloka. Sementara Go-Jek yang merupakan perusahaan rintisan teknologi pemegang gelar Unicorn pertama di Indonesia justru menempati peringkat ke-12.

Banyaknya jumlah startup di Indonesia juga diiringi dengan semakin besarnya kepercayaan investor untuk menanamkan modal pada startup-startup baru tersebut. Hal itu bisa dilihat dari data yang bersumber dari AT Kearney, bahwa modal untuk pengembangan ekosistem digital Indonesia telah tumbuh 68 kali lipat hanya dalam maktu 5 tahun terhitung dari tahun 2012 hingga 2016, yang semula US$ 0,3 miliar manjado US$ 6,8 miliar. (nks)

Baca juga: Jumlah Pengguna Jejaring Sosial Pada Tahun 2017 dan 2022 (Dalam Jutaan).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *