Data Statistik Pengguna eCommerce Indonesia Masih Rendah! Ini Dia 5 Keuntungannya

Adnan Algifari . May 09, 2023

Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company

Teknologi.id - Dalam publikasi yang berjudul Statistik eCommerce 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan data-data yang telah disurvei kepada para pelaku usaha yang menggunakan e-commerce sebagai media jualannya.

Dalam publikasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa jumlah pelaku usaha yang menggunakan media online masih tergolong rendah dibandingkan dengan pelaku usaha yang masih menggunakan media secara offline atau konvensional.

Pelaku usaha yang sudah menggunakan media perdagangan elektronik terhitung mencapai 34,10% dan sisanya, masih berdagang dengan cara konvensional sebesar 65,90%.

Ada kabar baik dan kabar buruk dalam data tersebut. Kabar baiknya, jika orang-orang sudah mulai sadar akan potensi dari berjualan online dan mau mulai dari sekarang, maka kompetitornya masih terhitung sedikit dan bisa memaksimalkan berjualan online dengan lebih efektif tanpa perlu mengkhawatirkan kompetitor.

Kabar buruknya, Program Prioritas Nasional Kesatu, yaitu "Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkedilan" masih belum bisa terlaksana jika semua pelaku usaha belum mengetahui impact positif dari berjualan secara online menggunakan e-commerce.

Baca juga: Tips Memilih Toko Online Agar Tidak Kena Tipu

Namun, angka 34,10% pada 2022 jika dibandingkan dengan 32,23% pada Desember 2021 cukup meningkat. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal demikian, berikut ini rinciannya.

  • Sebanyak 38,74% beralasan tidak tertarik berjualan online.
  • Sebanyak 21,46% beralasan kurang pengetahuan atau keahlian.
  • Sebanyak 71% beralasan lebih nyaman berjualan secara langsung alias offline (survei pada 2021).

Dan dari data itu semua, Teknologi.id telah merangkum 5 keuntungan menggunakan media online e-commerce untuk kemajuan bisnis yang sedang kamu jalani.

1. Buka Toko Online Tanpa Biaya Besar

Foto: Pixabay/Chronomarchie

Untuk membuka toko online, kamu tidak perlu menyewa toko fisik atau bangunan. Kamu hanya membutuhkan media online seperti website atau akun media sosial untuk memulai berjualan. Dengan demikian, biaya operasional untuk membuka toko online jauh lebih murah dibandingkan dengan membuka toko fisik. Selain itu, kamu juga bisa mengelola toko online dengan mudah tanpa perlu memikirkan biaya sewa, peralatan, atau kebutuhan lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan sistem pre-order (PO) untuk menghemat biaya modal produk yang kamu jual. Kamu bisa menggunakan gambar produk untuk mempromosikannya, dan pelanggan akan memilih sesuai seleranya dan telebih dahulu melakukan pembayaran, setelah itu pesanan baru dibuat dalam jangka waktu tertantu.

2. Fleksibel dan Mudah Dikelola

Berjualan online memberikan fleksibilitas yang lebih besar karena kamu bisa menjalankan bisnis dari mana saja dan kapan saja. Kamu tidak perlu terikat pada waktu dan tempat tertentu, sehingga kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk menjalankan bisnis. Selain itu, keuntungan lainnya adalah mudah dikelola karena toko di e-commerce bisa diakses secara online dan kamu bisa mengelolanya sendiri tanpa harus membutuhkan bantuan pihak lain.

Namu, jika ternyata toko online-mu sudah semakin besar dan berkembang, maka mulailah meng-hire orang-orang dengan kemampuan untuk menunjang tokomu agar lebih besar, seperti digital marketer, copywriter dan lain sebagainya. 

3. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Salah satu keuntungan utama berjualan online adalah jangkauan pasar yang lebih luas. Kamu bisa menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia atau bahkan dunia, tergantung dari jenis produk yang kamu jual. Dengan platform online, kamu bisa mempromosikan produkmu di seluruh dunia melalui media sosial, iklan online, atau marketplace yang bisa menjangkau pelanggan potensial.

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Foto: Pixabay/geralt

Berjualan online juga dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengelolaan bisnis online untuk membantu mengelola pesanan, pengiriman, dan persediaan. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa lebih efisien dalam memproses pesanan dan mengatur inventaris produk.

Baca juga: Perkembangan E-Commerce di Indonesia

5. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Berjualan online memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik karena pelanggan bisa dengan mudah menemukan dan membeli produk tanpa harus datang ke toko fisik. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal dengan memberikan pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap permintaan pelanggan.

Nah, itulah keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berjualan online. Jika kamu tertarik, mulailah mencari ide dan cara untuk memulai bisnis online-mu. Jangan lupa untuk memperhatikan tata kelola bisnis, persaingan di pasar, dan target pasar yang ingin kamu jangkau.

(aa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar