Inilah Nilai Pasar Konsumen Video Game di Seluruh Dunia

Saat ini video game sering kali dianggap sebagai penyebab kemunduran kemampuan otak. Alasannya, karena banyak anak yang pencapaian akademiknya menurun ketika mereka terlalu sering bermain game. Akan tetapi, penelitian yang dipublikasikan dalam Psychological Bulletin yang terbit pada 27 November lalu berkata lain. Para peneliti menemukan bahwa game, khususnya yang memiliki genre aksi dan perang dapat meningkatkan kemampuan kongitif otak seperti persepsi, atensi, dan waktu reaksi. Kesimpulan ini didapat dari pengumpulan hasil penelitian selama 15 tahun terakhir.

Pengerjaannya dilakukan bersama Universitas Jenewa (UNIGE), Universitas Columbia Santa Barbara dan Universitas Wisconsin. SelanjutnyaTim peneliti internasional membedah berbagai literatur yang pernah dipublikasikan. Mereka juga menghubungi lebih dari enam profesor untuk meminta data yang tidak dipublikasikan terkait game yang memiliki genre aksi.

Statistik ini menunjukkan nilai pasar konsumen game video, baik paket dan digital yang didistribusikan di seluruh dunia dari 2011 hingga 2016 dan menawarkan perkiraan hingga 2019. Nilai pasar paket pada tahun 2016 sebesar 10,9 miliar dolar AS, turun dari 22,4 miliar pada tahun 2011

Penelitian kali ini melibatkan 8.970 orang yang berumur 6-40 tahun, termasuk pemain game dan bukan pemain game, ini mencakup uji spasial contohnya seperti mendeteksi anjing dalam kawanan hewan lalu menilai kemampuan mengerjakan tugas ganda dan mengubah rencana sesuai peraturan yang ditentukan.

Hasil dari penelitian tersebut bahwa kognisi pemain game satu setengah kali lebih baik dibandingkan bukan pemain game. Namun, belum keseluruhan pertanyaan para psikolog dapat dijawab. Seperti contoh, apakah kemampuan kognitif berkembang berkat bermain game yang memiliki genre aksi, atau para pemain membutuhkan kemampuan kognitif tertentu untuk memainkan game tersebut.

Artikel ini telah tayang di http://statista.com dengan judul “Video game consumer market value worldwide from 2011 to 2019, by distribution type (in billion U.S. dollars)”, https://www.statista.com/statistics/292460/video-game-consumer-market-value-worldwide-platform/

Baca selengkapnya: Inilah 10 Video Games Terbaik di Tahun 2017

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *