9 Langkah Penting Perluas Bisnis Anda dengan Cepat

Novita Nurjannah . May 09, 2023



Sumber : Unsplash

Membuat strategi bisnis yang unggul dapat membantu Anda memposisikan perusahaan Anda sebagai pemimpin pasar. Maka, amat penting untuk mengetahui bagaimana cara membangun strategi bisnis untuk perusahaan Anda.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun strategi terbaik dan menjalankannya dengan tepat, dihimpun dari bisnispedia :

1. Kembangkan Visi yang Benar

Visi adalah kata yang memiliki arti berbeda bagi orang yang berbeda. Pernyataan visi atau visi adalah gambaran untuk masa depan. Itu mencakup aspirasi tentang jenis perusahaan yang Anda inginkan. Sementara misi, mengartikulasikan seperti apa kesuksesan itu dalam istilah yang jelas.

2. Mendefinisikan Keunggulan Kompetitif

Pada intinya, strategi pengembangan aktivitas bisnis adalah mengidentifikasi bagaimana sebuah perusahaan dapat memberikan nilai kepada pelanggannya. Di banyak sektor ekonomi, maka Anda terjebak dalam aktivitas yang sama.

Strategi bisnis yang dipikirkan dengan baik harus mempertimbangkan bagaimana Anda dapat menciptakan ruang dari persaingan dalam penawaran layanannya, model penetapan harga, sistem pengiriman, dan lainnya.

3. Tentukan Target

Salah satu hambatan paling signifikan untuk rencana niaga strategis adalah penargetan yang buruk. Tidak adanya target yang sangat spesifik, Anda menderita pesan yang tidak jelas dan dengan demikian ketidaksesuaian antara penjualan dan pemasaran.

Mendefinisikan ceruk dan spesialisasi memungkinkan Anda untuk memfokuskan sumber daya. Target pasar yang jelas memberi perusahaan kemampuan untuk menciptakan pendekatan penjualan dan pemasaran yang terintegrasi, di mana pemasaran memungkinkan produktivitas penjualan. Rencana penjualan dan pemasaran dijalankan lebih efektif ketika target ketat.

4. Identifikasi Audiens

Membuat strategi pengembangan niaga yang sukses dimulai dengan mengidentifikasi audiens ideal Anda. Fokus pada Anda atau individu tertentu yang akan mendorong niaga Anda maju. Anda tidak perlu memiliki audiens yang besar, tetapi Anda membutuhkan audiens yang berkualitas tinggi.

Pengembangan niaga bisa menjadi proses yang panjang, dan hubungan yang Anda kembangkan mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk berubah menjadi penjualan. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah membina hubungan dengan prospek yang tidak memenuhi syarat.

5. Riset Pasar

Setelah Anda menentukan audiens Anda, pelajari semua yang Anda bisa tentang mereka. Sebelum Anda dapat mendorong audiens Anda untuk bekerja dengan Anda, Anda harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

       Apa masalah utama mereka?

       Layanan spesifik apa yang mereka butuhkan?

       Bagaimana mereka memecahkan masalah mereka sekarang?

       Bagaimana produk atau layanan Anda memperbaiki situasi mereka saat ini?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat mulai menganalisis pesaing Anda. Pahami apa yang membuat Anda berbeda dari semua pesaing Anda. Ini adalah keunggulan kompetitif yang akan Anda gunakan untuk mengkomunikasikan nilai Anda kepada prospek.

6. Fokus pada Pertumbuhan Sistematis

Rencana strategis harus mengidentifikasi di segmen mana Anda akan tumbuh dan dalam proporsi apa. Dengan begitu, bauran produk menghasilkan keuntungan yang spesifik. Hanya setelah sampai pada kesimpulan seperti itu, sebuah perusahaan dapat mengetahui berapa banyak yang mampu ia bayar dalam hal belanja modal dan sebagainya.

7. Buat Rencana Strategis Jangka Panjang

Berpikir dari bulan ke bulan adalah jebakan yang dapat mengikis kemampuan Anda untuk melangkah lebih lanjut. Perusahaan yang baik akan membuat proses yang dirancang untuk memperlakukan strategi sebagai siklus tahunan daripada statis satu kali.

8. Pengembangan Strategi yang Fleksibel

Anda dapat berpikir jangka panjang dan tetap fleksibel. Misalnya, komponen penting dari pengembangan strategi niaga adalah analisis kekuatan eksternal. Anda harus mengevaluasi kekuatan eksternal jangka panjang, dan beradaptasi berdasarkan informasi baru.

9. Pilih Saluran Pendorong Target

Langkah selanjutnya adalah menilai target pendapatan total Anda untuk tahun tersebut dan menentukan saluran mana yang akan membantu Anda mencapai target tersebut. Saluran pengembangan niaga yang paling umum adalah kombinasi dari jaringan, rujukan, periklanan, panggilan dingin, dan pemasaran konten.

Cek Plagiasi

author0
teknologi id bookmark icon
author

Novita Nurjannah

-

Tinggalkan Komentar

0 Komentar