4 Tips Inovasi Bisnis

pixabay

Menjalankan bisnis baik yang berskala besar maupun masih kecil bukan merupakan perkara yang mudah, ditambah pada era digital ini membuat persaingan menjadi sangat terbuka. Barang siapa perusahaan yang tidak melakukan inovasi sudah dapat dipastikan bisnisnya tidak akan bertahan lama. Sehingga mau tidak mau perusahaan harus melakukan inovasi secara berkelanjutan. Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai pelajaran inovasi untuk bisnis baik perusahaan kecil hingga besar.

Sigap dan Sabar

Fokus terhadap nominal keuntungan yang didapat merupakan hal yang penting, karena performansi keuangan adalah salah satu aspek yang dilihat oleh investor dan merupakan bentuk pencapaian yang mendukung target bisnis jangka panjang. Untuk itu, perusahaan perlu memikirkan rencana dan strategi dalam menghadapi kondisi masa depan. Dengan memegang teguh melakukan kegiatan yang seimbang antara kesigapan-kebutuhan dan keinginan untuk tetap melakukan perbaikan- dan sabar-tekad untuk tidak merilis produk yang tidak memenuhi standar yang telah ditentukan dapat menjadi penggerak perusahaan untuk selalu terus inovasi.

Perhatikan Langkahmu

Saat ini perusahaan tidak dapat menghindari resiko bisnis yang dihadapi baik yang terjadi akibat kesalahan internal atau hal eksternal yang tidak dapat diprediksi. Namun mau tidak mau perusahaan harus siap akan hal tersebut, sehingga dalam melakukan perancangan strategi dan pelaksanaannya diharapkan pihak perusahaan telah melakukan pengkajian dan teruji dapat diimplementasi. Sebisa mungkin perusahaan menghindari dan mengantisipasi gangguan yang dapat merusak produk dan merugikan konsumen.

Tanggung Jawab

Setiap bisnis memberikan dampak kepada lingkungannya, baik positif maupun negatif. Untuk itu perusahaan secara tidak langsung memiliki tanggung jawab atas produk yang diciptakannya. Menciptakan produk yang memberikan manfaat kepada lingkungan dan konsumen secara tidak langsung akan meningkatkan nilai produk.

Momentum adalah Kunci Utama

Untuk melakukan inovasi, tentu saja strategi adalah sesuatu yang sudah pasti harus disiapkan. Namun waktu dan momen yang tepat merupakan kunci utama selain strategi. Perusahaan perlu mengetahui kapan saatnya melakukan transformasi bisnis dan nilai tambah apa yang ingin diberikan di produk tersebut. (yk)

Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber salah satunya Fast Company magazine edisi Mar-Apr 2018.

Baca Juga: 6 Perusahaan Paling Inovatif di Dunia.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *