10 Perusahaan yang Berkembang Pesat di Indonesia

Fabian Pratama Kusumah . January 21, 2021

Foto: Cara jualan

Teknologi.id - Perusahaan pasti menginginkan kemajuan usahanya. Berawal dari tingkat mikro dan terus berupaya ke tingkat makro atau global.

Salah satu indikator keberhasilan suatu perusahaan adalah besarnya pendapatan atau keuntungan yang diraih.

Tidak hanya perusahaan yang telah lama berdiri, tetapi perusahaan yang baru berdiri pun dapat meraih kemajuan yang pesat.

Teknologi.id telah merangkum 10 perusahaan yang berkembang pesat di Indonesia.

1. Gojek

Foto: Gojek

Gojek merupakan sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand. 

Pada tahun 2016, Gojek berstatus sebagai unicorn pertama di Indonesia. Nilai dari saham Gojek diyakini melebihi Rp148 triliun.

2. Tokopedia

Foto: Tokopedia

Baca juga: 5 Perusahaan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Tahun 2021

Tokopedia saat ini merupakan salah satu perusahan rintisan (startup) berstatus unicorn, alias mempunyai valuasi lebih dari US$ 1 miliar. Tidak hanya memiliki pengaruh di Indonesia, kini Tokopedia juga berpengaruh di Asia Tenggara.

Berbagai penghargaan diraih oleh Tokopedia, salah satunya Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award pada tahun 2016.

3. Bukalapak

Foto: liputan6

Bukalapak berdiri tahun 2011, saat ini Bukalapak menjelma menjadi salah satu startup dengan gelar unicorn.

Bukalapak mengklaim telah memiliki lebih dari 4 juta pelapak (sebutan untuk penjual di Bukalapak) dan 50 juta pengguna di Indonesia.

4. Traveloka

Foto: harianhaluan

Traveloka yaitu perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.

Perusahaan riset CB Insights melaporkan bahwa valuasi Traveloka mencapai US$ 3 miliar atau sekitar Rp44,2 triliun.

5. Ruangguru

Foto: tempo

Baca juga: 5 Tempat Kerja Terbaik untuk Inovator di Tahun 2021

Ruangguru adalah sebuah perusahaan startup teknologi asal Indonesia yang berfokus pada pendidikan. Ruangguru berdiri pada tahun 2014

Ruangguru diyakini akan menyandang status unicorn atau startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$1miliar, atau sekitar Rp14,1 triliun.

6. Blibli

Foto: arenalte

Blibli merupakan salah satu e-commerce asal Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010.

Nilai valuasi Blibli saat ini diyakini sekitar Rp2 triliun. Pada tahun 2017 lalu, Blibli mengakuisisi tiket.com

7. Sagara Technology

Foto: bisnis

Sagara Technology yaitu perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan website dan aplikasi (software house). Sagara Technology didirikan oleh Adi Arriansyah pada tahun 2014 di Jakarta.

Beberapa klien dari Sagara Technology di antaranya Ruangguru, Telkom Indonesia, Telkomsel, ShopBack, Qatar National Bank, Boston Consulting Group, Qlue, dan Blanja.com.

8.  Bhinneka

Foto: techinasia

Baca juga: Vtube, Aplikasi Bisnis Penipuan Berkedok Periklanan

Pada tahun 1999, setelah terjadi krisis moneter, Bhinneka lahir sebagai pionir e-commerce di Indonesia.  Bhinneka menyediakan produk IT, MRO, Business Solution dan Professional Services, untuk segmen UMKM, korporasi dan institusi pemerintahan.

Bhinneka diyakini akan menyandang status unicorn, salah satu penghargaan yang pernah diraih yaitu penghargaan Dukungan Keterbukaan Data Marketplace dari Kemkominfo pada tahun 2018.

9. Kitabisa

Foto: kontan

Kitabisa adalah wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara daring. Kitabisa telah memfasilitasi lebih dari 2000 penggalangan dana sosial seperti donasi untuk pembangunan rumah ibadah, biaya medis, beasiswa, dll.

Saat pandemi ini, dikabarkan Kitabisa mendapat total donasi mencapai Rp130 miliar.

10. Pahamify

Foto: jurnalapps

Pahamify adalah perusahaan teknologi pendidikan (edtech) dan memiliki aplikasi belajar yang berisi video pembelajaran, animasi, kuis, dll.

Saat pandemi seperti ini, kegiatan belajar melalui daring mengalami peningkatan, Pahamify diyakini memiliki pertumbuhan pendapatan yang signifikan.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar