Teknologi.id - Telkom dan Telkomsel sedang bergabung untuk mengintegrasikan bisnis IndiHome, yaitu layanan broadband tetap untuk rumah, dengan layanan seluler mobile. Dalam waktu dekat, Telkomsel akan mengambil alih pengelolaan IndiHome untuk menghadirkan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC).
Setelah layanan FMC resmi diluncurkan, Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, berharap Telkomsel dapat menyediakan layanan unbreakable WiFi di Indonesia, di mana pelanggan dapat tetap menggunakan layanan tersebut baik di dalam maupun di luar rumah tanpa harus berpindah operator.
"Nantinya pelanggan akan menggunakan fixed broadband IndiHome di rumah dan Telkomsel di luar rumah," kata Hendri kepada KompasTekno dalam acara MWC 2023 di Barcelona, Spanyol, pada Senin (27/2/2023).
Baca juga: Terhalang Tembok? Begini Cara Agar Jangkauan Sinyal WiFi Lebih Luas dan Kuat
Telkomsel dan Telkom saat ini sedang mempersiapkan layanan WiFi yang tak terputus. Persiapan ini meliputi transfer pengetahuan dan perizinan yang diperlukan karena Telkomsel masih perlu lisensi untuk menggelar layanan di jaringan tertutup. Menurut Hendri, proses penggabungan antara Telkomsel dan IndiHome dapat dilakukan dengan cepat karena sebagian besar jaringan Telkomsel saat ini sudah menggunakan jaringan fiber optik milik Telkom.
Selain itu, keduanya saat ini memimpin pasar di segmen masing-masing. IndiHome telah memperoleh 9 juta pelanggan fixed broadband, sedangkan Telkomsel memiliki 150 juta pelanggan seluler di seluruh Indonesia. Namun, Hendri belum memberikan informasi detail mengenai waktu persisnya ketika layanan IndiHome akan bergabung dengan Telkomsel.
Yang jelas, untuk menarik minat konsumen, Hendri mengatakan bahwa timnya sedang mempersiapkan paket yang menarik dan kompetitif, termasuk dalam hal harga berlangganan. Model bisnis FMC (Fixed Mobile Convergence) memungkinkan operator seluler untuk menjual layanan internet fixed dan mobile dalam satu tagihan, yang diharapkan lebih menarik bagi konsumen daripada menjual layanan fixed dan mobile secara terpisah.
Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang WiFi 7
Hendri optimis bahwa produk unbreakable WiFi ini akan diminati oleh pelanggan, terutama karena pelanggan Telkomsel telah memberikan pendapatan besar bagi grup Telkom. Oleh karena itu, dengan harga yang terjangkau, diharapkan pelanggan Telkomsel dapat membeli kedua layanan secara bersamaan.
Model bisnis FMC sedang dikembangkan oleh operator-operator seluler di Indonesia. Misalnya, XL Axiata saat ini memiliki layanan XL Satu yang terdiri dari layanan fixed XL Home dan layanan seluler XL, sedangkan Indosat memiliki produk HiFi untuk layanan fixed dan IM3 untuk layanan mobile.
(dwk)
Tinggalkan Komentar