Bocoran 7 Fitur iPhone 13 Beredar di Internet, Apa Saja?

Teknologi.id . November 06, 2020
iPhone 13 camera specs leaked and could be even better than the iPhone 12
Foto: TechTantrum


Teknologi.id - Masih belum usai euforia kehadiran iPhone 12 yang baru diluncurkan pada 13 Oktober lalu, kini sudah beredar bocoran fitur dari smartphone baru buatan Apple yang akan datang, iPhone 13.

Bocoran tersebut dihembuskan oleh LeaksApplePro, yang mengatakan bahwa daftar fitur yang mereka bagikan lewat tweet, merupakan hasil dari rapat internal Apple yang mendiskusikan rencana mereka terkait lini smartphone barunya pada 2021 mendatang.

Dari data yang dibagikan oleh LeaksApplePro, iPhone 13 diduga akan membawa sejumlah fitur baru yang cukup penting, di mana sebelumnya diharapkan hadir pada iPhone 12, meski akhirnya tidak terealisasi.

Nah, penasaran apa saja bocoran fitur iPhone 13 yang akan datang? Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: iPhone 13 Bakal Dibekali Penyimpanan Internal 1TB?

Bocoran 7 Fitur iPhone 13 yang Beredar di Internet

1. Touch ID dalam layar

Bocor, 7 Fitur Baru Ini Dikabarkan Hadir di iPhone 13
Foto: Tom's Guide


Bocoran pertama, prototype iPhone 13 diduga menggunakan sensor Touch ID yang bersembunyi di bawah layar, dengan area aktif berada di setengah bagian bawah layar untuk memudahkan akses. Apple baru saja memperkenalkan kembali Touch ID pada iPad Air 4 setelah beberapa tahun absen, namun sensornya menyatu dengan tombol daya.

Nah, versi baru di dalam layar ini, akan membuat iPhone berada di level kecanggihan yang sama dengan sebagian besar HP Android modern, dan juga bisa jadi akhir dari notch lebar khas iPhone, apabila iPhone tertarik untuk membuang Face ID di saat yang bersamaan.

2. Tanpa port

Bocor, 7 Fitur Baru Ini Dikabarkan Hadir di iPhone 13
Foto: Tom's Guide


Selanjutnya cukup mengejutkan yaitu bocoran yang menyebut bahwa iPhone 13 tidak akan membawa port Lightning untuk pengisian daya via kabel. Sebagai gantinya, iPhone 13 hanya akan bisa diisi daya via MagSafe (aksesori tambahan untuk pengisian daya nirkabel lebih cepat) dan SmartConnector (seperti yang digunakan di iPad).

Jika bocoran ini berakhir benar, maka ini akan melengkapi keputusan kontroversial Apple baru-baru ini, di mana mereka memutuskan untuk menghilangkan kepala charger dan EarPods pada iPhone 12, guna mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

3. Baterai lebih awet

Bocor, 7 Fitur Baru Ini Dikabarkan Hadir di iPhone 13
Foto: MacRumors


Baterai dengan daya tahan yang lebih lama memang bukan peningkatan yang “wah”, namun akan jadi tambahan yang menguntungkan mengingat Apple baru saja mengumumkan konektivitas 5G yang haus baterai pada lini iPhone 12. Pemutakhiran pada sisi baterai ini berarti optimalisasi yang lebih baik dan kapasitas yang mungkin lebih besar, guna mengakomodir daya tahan baterai yang lebih awet.

Baterai sendiri menjadi salah satu hal paling dipertanyakan oleh pengguna iPhone saat ini, karena baterai iPhone 12 ternyata punya kapasitas lebih kecil daripada apa yang ada di seri iPhone 11 (2,815mAh vs 3,046/3,100mAh untuk versi standar dan Pro masing-masing).

Baca juga: Terlalu Tajam, Bodi iPhone 12 Lukai Sejumlah Pengguna

4. Kamera yang lebih canggih

iPhone 13 Camera Specification Leak Info | HYPEBEAST
Foto: HypeBeast


Peningkatan kamera yang masif terdengar mengesankan, namun terlalu dini untuk menyimpulkan peningkatan besar di bagian apa yang akan diterapkan. Penggemar iPhone baru-baru ini disuguhkan dengan sensor LiDAR pada iPhone 12 dan 12 Pro Max, jadi mungkin kini saatnya bagi Apple untuk meningkatkan resolusi kamera utama iPhone ke angka di atas 12MP.

Atau, Apple mungkin lebih tertarik untuk memberi peningkatan optical zoom sebesar 5x atau lebih agar bisa mengejar banyak HP Android kelas flagship yang telah lama melakukannya terlebih dahulu.

5. Refresh rate 120Hz

iPhone 12 rumoured to come with high refresh rate: Know what is it |  Technology News – India TV
Foto: India TV News


Setelah penantian yang begitu panjang, berdasarkan bocoran dari LeaksApplePro, iPhone 13 akhirnya akan mendapatkan dukungan refresh rate 120Hz. Fitur ini disebut-sebut disiapkan untuk hadir di iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max tahun ini, namun berakhir dibuang karena masalah teknis dan biaya.

Seperti sensor fingerprint dalam layar, refresh rate 120Hz juga telah tampil terlebih dahulu di Android pada HP seperti Samsung Galaxy S20 Ultra dan OnePlus 8T. Keikutsertaan Apple dalam hal ini akan menjadi kabar yang sangat baik bagi para pengguna setianya.

6. Notch yang lebih kecil

iPhone 13' will have a smaller notch according to known leaker |  AppleInsider
Foto: AppleInsider


Dirumorkan pada awal tahun ini bahwa notch ikonik iPhone yang dimulai pada seri X di tahun 2017, akan dipotong menjadi lebih ramping di iPhone 12. Itu jelas tidak terjadi, dan dikatakan bahwa Apple seharusnya bereksperimen dengan itu. Kabar baiknya, iPhone 13 dikabarkan bakal memiliki notch yang lebih kecil.

Ini berkaitan dengan poin pertama tadi di mana hadirnya Face ID, akan membuat Apple lebih leluasa dalam mengatur ukuran notch, mengingat Face ID kemungkinan akan dihilangkan. Sama seperti refresh rate 120Hz, ini juga jadi salah satu perubahan yang diinginkan pengguna iPhone pada HP kesayangan mereka.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca juga: Perbandingan HP Android vs iPhone, Pilih yang Mana?

7. Modem 5G yang lebih hemat daya

Bocor, 7 Fitur Baru Ini Dikabarkan Hadir di iPhone 13
Foto: MacWorld


iPhone 12 diketahui menggunakan modem X55 dari Qualcomm yang kurang begitu baik untuk urusan efisiensi daya. Menariknya, tidak melalui bocoran orang dalam seperti biasanya, Apple secara langsung mengonfirmasi bahwa perubahan modem 5G itu akan terjadi pada iPhone baru yang rilis tahun depan.

iPhone 13 akan beralih ke modem X60 dengan fabrikasi 5nm yang karena terintegrasi langsung ke chipset utamanya, maka pengurasan baterai menjadi lebih rendah. Tidak hanya itu saja, kinerja 5G-nya juga akan meningkatkan karena modem X60 dapat menggabungkan jaringan 5G mmWave dan sub-6GHz secara bersamaan.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler