Perbandingan HP Android vs iPhone, Pilih yang Mana?

Teknologi.id . October 28, 2020

Foto: GadgetNews

Teknologi.id - Umumnya saat ingin membeli smartphone, saat ini sebagian besar orang hanya akan memilih smartphone yang menggunakan di antara dua sistem operasi (OS): Android atau iOS.

Smartphone dengan sistem operasi Android lebih banyak ditemukan di pasaran, mulai dari merek Samsung, LG, Sony, Oppo, Vivo, HTC, Xiaomi, atau pun Google Pixel yang menggunakan OS Android murni.

Sedangkan smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS bisa dikatakan lebih eksklusif, karena hanya lini smartphone iPhone-lah yang dibekali sistem operasi besutan Apple tersebut.

Nah, bagi kalian yang saat ini sedang kebingungan antara ingin membeli smartphone Android atau iPhone dengan OS eksklusifnya, simak dulu perbandingan Android vs iPhone di bawah ini sebelum membeli.

Baca juga: Terlalu Tajam, Bodi iPhone 12 Lukai Sejumlah Pengguna

Perbandingan HP Android vs iPhone

Sekilas HP Android vs iPhone

10 Reasons iPhones are Better than Android Phones (2018) - YouTube
Foto: Nick Ackerman

HP Android, sesuai namanya, memakai OS Android yang dikembangkan Google. Versi murninya ada di HP Google Pixel, sedangkan vendor lain seperti Samsung, Oppo, Vivo, Huawei atau Xiaomi memberi sentuhan desain khas masing-masing vendor yang membungkus Android atau istilahnya user interface.

Sedangkan iPhone berbasis sistem operasi iOS yang dikembangkan oleh Apple. iOS dan hardware iPhone dibuat khusus oleh Apple sendiri dan tidak tersedia untuk vendor lain.

Fungsi dasar kedua OS tersebut sebenarnya sama saja. Bisa buat menelepon, mengirim pesan, mengambil foto dan menjalankan beragam aplikasi. Keduanya juga saling tiru fitur masing-masing sehingga dalam tahap saat ini, hampir semua fungsinya tidak jauh berbeda.

Salah satu keunggulan Android adalah banyaknya pilihan karena bermacam vendor yang menjual HP-nya. Di segmen high end ada cukup banyak model, apalagi di kelas menengah ke bawah. Desainnya pun bermacam-macam, bahkan yang unik pun ada seperti LG Wings yang belum lama ini diluncurkan.

Adapun iPhone lebih terbatas, wajar saja, hanya berasal dari satu produsen yaitu Apple. Yang terbaru adalah iPhone 12 dengan 4 varian. Ada pula iPhone XR dan iPhone 11 yang masih dipertahankan Apple. Kemudian ada pilihan model jadul di iPhone SE 2020.

Software Android vs iPhone

Android phones can't FaceTime with iPhones, but you can video chat -  Business Insider
Foto: Business Insider

Ada beberapa perbedaan mendasar pada OS Android dan iOS yang diandalkan iPhone. Android lebih mudah diubah atau dikustomisasi sesuai selera. Terlebih tiap vendor punya ciri khas tersendiri. Seluruh tampilan Android bisa diubah baik secara manual maupun dengan launcher.

Android juga memungkinkan user mengganti layanan yang sudah ada ke layanan lain pilihannya. Sebut saja browser, keyboard atau pemutar musik. iOS memang sudah mengarah ke sini, tetapi masih belum sebebas Android.

Sedangkan keunggulan iOS banyak yang mengatakan lebih mudah dipakai, lebih konsisten, aman dan lebih rutin mendapatkan update software. Namun demikian soal kustomisasi, user tidak bisa berharap banyak jika dibandingkan dengan Android.

Soal aplikasi, kebanyakan aplikasi besar tersedia di kedua platform. Kadang memang ada aplikasi yang muncul lebih dulu di Android atau sebaliknya, di iOS paling awal. Tapi biasanya, aplikasi ternama selalu ada baik di Android maupun iPhone walau dalam skenario tidak bersamaan kemunculannya.

Data sharing Android vs iPhone

iPhone vs. Android: Which Is Better for You? | Social media tool, Mobile  data plans, Credit union
Foto: Pinterest

Bagi para pengguna iPhone, mungkin masalah berbagi data masuk dalam salah satu hal paling menyebalkan. Karena, untuk mengirim atau menerima data seperti lagu, kalian harus memindahkannya lewat iTunes. Artinya, kalian juga harus memasang aplikasi iTunes di laptop atau PC.

Selain itu, iPhone juga cukup ribet dalam penggunaan Bluetooth. iPhone hanya akan mentransfer data lewat Bluetooth untuk sesama pengguna iPhone. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran virus yang tidak sengaja terbawa masuk oleh file yang ditransfer.

Berbeda dengan Android yang memiliki kebebasan dalam urusan berbagi data. Android bisa menerima atau mengirim data tanpa perlu repot layaknya pengguna iPhone. Selama ada kabel data, semua masalah itu terpecahkan.

Namun masalahnya, kebebasan itu membuat Android lebih rentan terjangkit virus, malware, atau hal-hal lain yang bersifat merusak, baik merusak data maupun sistem dari OS tersebut.

Hardware Android vs iPhone

Panasonic P95 low budget smartphone launched at ₹ 3999 -H2S Media
Foto: H2S Media

Meski secara spesifikasi tidak segahar HP Android, iPhone biasanya lebih mulus pengoperasiannya, minim lag dan andal dalam multitasking. Karena dikontrol penuh Apple, integrasi software dan hardwarenya cenderung lebih baik.

Sedangkan HP Android, performanya amat tergantung dengan harga perangkat. HP Android di kelas high end mampu menyaingi pengalaman pemakaian iPhone walau dengan spek yang biasanya lebih tinggi. Semakin murah HP Android, biasanya makin tampak gejala lag dan sejenisnya.

Namun HP Android karena banyak modelnya, tak sedikit yang menawarkan hal-hal yang tidak ada di iPhone. Sebut saja colokan earphone, slot microSD sampai baterai lebih gahar dengan teknologi isi ulang lebih cepat. Belum lagi karena ketatnya kompetisi, kadang vendor Android mengeluarkan terobosan yang bagus.

Soal kamera, iPhone sejak lama dikenal menghasilkan foto yang berkualitas, walaupun mungkin secara resolusi dan jumlah lensa lebih sedikit dibandingkan HP Android. Namun demikian, HP Android zaman sekarang pun sudah menandingi kamera iPhone, bahkan melebihinya di model tertentu.

Baca juga: 5 Cara Menghubungkan HP Android ke TV dengan Mudah

Kapasitas memori Android vs iPhone

SanDisk launches new 256GB microSD cards at MWC Shanghai 2016 -  HardwareZone.com.sg
Foto: HardwareZone

Sejak dulu, iPhone punya kapasitas penyimpanan yang sudah ditentukan sejak awal. Sejak masa-masa memori 8 GB, 16 GB, sampai sekarang tersedia memori 512 GB di lini iPhone 12. Makin tinggi kapasitas memorinya, tentu saja harga iPhone terus bertambah mahal.

Untuk kamu yang suka main game atau membuat foto dan video, memilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan besar adalah hal yang wajib dilakukan. Soalnya, iPhone tidak menyediakan memori eksternal untuk perangkatnya.

Nah, hal ini berbeda dengan Android. Meski smartphone Android umumnya sudah menawarkan kapasitas memori yang tidak kalah besar, kamu masih bisa menambah memorinya dengan memasukkan kartu memori eksternal sebagai tambahan.

Ketersediaan aksesori Android vs iPhone

Apple iPhone 11 Clear Case Review on All Colors! Worth It? - YouTube
Foto: Daniel Romero

Seperti yang sudah diungkap di atas, Apple merupakan vendor yang cukup jarang mengeluarkan smartphone terbaru. Itu sebabnya, para pengguna iPhone punya banyak keleluasaan saat hendak memilih aksesori untuk smartphone kesayangannya. Salah satunya adalah casing.

Berbeda dengan Android. Ada banyak sekali model dan jenis dari tiap pabrikan Android. Itu sebabnya, buat kamu yang membeli smartphone Android terbaru, biasanya kamu akan kesulitan mencari aksesori seperti screen protector atau casing untuk tipe khusus.

Suku cadang Android vs iPhone

Harga Spare Part dan Akesoris Original Samsung Galaxy A50 (Layar,  Backcover, Baterai, Kabel/Charger, PBA) - Elppas Story!
Foto: Elppas Story

Pengguna Android bisa membanggakan diri untuk hal yang satu ini. Soalnya, tidak sedikit dari pengguna iPhone yang mengeluhkan harga suku cadang iPhone tergolong mahal dan sulit dicari. Contoh paling gampang adalah iPhone membuat charger khusus untuk produk yang diproduksi oleh Apple saja.

Sementara itu, Android punya suku cadang yang harganya relatif lebih murah dan gampang dicari. Selain itu, pengguna Android tidak perlu risau saat kabel charger bawaannya rusak. Pasalnya, pengguna Android bisa menggunakan kabel charger dari smartphone Android yang berbeda karena dibuat universal.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Max Pro

Harga Android vs iPhone

How to Sell an iPhone X, XS, or 11 Without Getting Ripped Off | Digital  Trends
Foto: Digital Trends

Mungkin sudah bukan rahasia umum jika produk besutan Apple memang punya harga yang lebih tinggi daripada produk Android. Sebagai contoh, harga saat peluncuran iPhone X untuk ROM 64GB mencapai Rp 26,2 juta, sementara ROM 256GB dibanderol dengan harga RP 28,2 juta.

Selain harga beli, rupanya harga jual iPhone bisa terbilang masih tinggi di pasaran. Kebanyakan produk bikinan Apple seperti iPhone biasanya jika dijual, harga second-nya tidak terlalu jauh dengan harga beli. Berbeda dengan Android yang kebanyakan harganya jatuh saat dijual.

Kesimpulan

Which platform to build for first Android or iOS
Foto: Leadit

Antara iPhone dan Android, masing-masing memang punya kelebihan dan kekurangan. Bagi kalian yang masih bingung memilih iPhone atau Android, sebaiknya sesuaikan kebutuhan saat memilih smartphone.

iPhone menjanjikan pemakaian smartphone yang lebih stylish, mulus dan stabil, dengan interface yang mudah digunakan. Istilahnya tidak perlu mikir, tinggal pakai. Update software pun selalu rutin diberikan, bahkan iPhone generasi lama pun mendapatkan iOS generasi baru selama bertahun-tahun.

Sedangkan Android lebih bebas dan merdeka, dimana pengguna bisa banyak mengutak atik software dan tampilan smartphone-nya. Integrasi layanan Google yang besar manfaatnya pun lebih mendalam. Model HP Android pun bermacam-macam, tak sedikit yang terasa lebih premium dari iPhone, bahkan ponsel layar lipat dan layar putar pun sudah ada. Jadi, tinggal pertimbangkan masak-masak dan jatuhkan pilihan kalian, ya!

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler