Zoom Izinkan Telepon Lebih Lama Saat Natal dan Tahun Baru

Rima Fidayani Rizki . December 18, 2020

Foto: KnowTechie

Teknologi.id - Di masa pandemi ini, durasi penggunaan layanan video conference semakin melonjak tajam. Tidak hanya untuk keperluan formal seperti pekerjaan dan sekolah, layanan video conference juga banyak digunakan untuk bercengkrama. 

Baca Juga: Kapan 5G Hadir di Indonesia dan Apa Tantangan Selanjutnya?

Dari sekian banyak layanan video conference, Zoom menjadi salah satu layanan yang ramai digunakan. Zoom sendiri menawarkan dua jenis layanan yang bisa dipilih pengguna, yaitu gratis dan berbayar, tentu dengan keunggulan masing-masing.

Salah satu perbedaan antara layanan gratis dan berbayar adalah adanya batas waktu panggilan selama 40 menit untuk layanan gratis. 

Nah, kali ini Zoom mencabut kembali batas waktu panggilan 40 menit tersebut untuk pengguna akun gratis secara global saat liburan Natal dan tahun baru. Sebelumnya, Zoom pernah memberlakukan hal serupa pada saat Thanksgiving di Amerika Serikat. 

Zoom memberlakukan kebijakan ini agar para pengguna gratis juga bisa tetap terhubung dan berkumpul secara lebih lama dengan orang-orang yang penting dalam hidupnya meski terpisah jarak dan situasi pandemi ini.

Seperti dilansir dari The Verge dan detikINET, Jumat (18/12), pencabutan batas waktu panggilan 40 menit tersebut dimulai pada (waktu telah disesuaikan dengan WIB): 

  • Pukul 21.00 WIB pada 17 Desember hingga pukul 18.00 WIB pada 19 Desember
  • Pukul 21.00 WIB pada 23 Desember hingga pukul 18.00 WIB pada 26 Desember
  • Pukul 21.00 WIB pada 30 Desember hingga pukul 18.00 WIB pada 2 Januari

Untuk pengguna layanan Zoom gratis, biasanya ada batas waktu panggilan selama 40 menit. Jika telah mencapai batas waktu dan terputus, pengguna harus kembali membuat room dan membagikannya kepada orang lain untuk kembali bergabung pada panggilan.

Baca Juga: Tombol Retweet Twitter Akhirnya Resmi Kembali

Selain Zoom, ada alternatif layanan video conference lain yaitu Google Meet. Layanan dari Google ini  memanjakan penggunanya dengan menggratiskan panggilan selama 24 jam hingga 31 Maret 2021.

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler