Solusi Mudah Bertransaksi Sehari-hari dengan Dompet Digital ReliPay

ReliPay Foto: Kompas Money

Teknologi.id - ReLi:ID merupakan agregator dari semua produk-produk dari unit bisnis Reliance Group di Indonesia. Selain itu, sesuai dengan tujuan didirikannya ReLi:ID tahun 2018 adalah untuk mengintegrasikan setiap produknya menjadi digital sehingga terjadi sebuah sinergi yang baik dan menjadi perusahaan jasa keuangan yang fully integrated demi menjaga daya saing dan penyesuaian kebutuhan pasar di era industri. Sebagai perusahaan yang bergerak pada sektor keuangan, ReLi:ID terus melakukan inovasi agar meningkatkan layanannya. Salah satunya dengan menghadirkan dompet digital (e-wallet) ReliPay hasil kerjasama Reliance Group dan Digiasia Bios. Chief Technology Officer ReLi:ID, Jouhan Riffaldy mengatakan "ReLi:ID juga memiliki sistem sendiri yang menjadi benang merah dari semua produknya, danmenjadikan keseluruhan produk terkoneksi dengan dompet digital (e-wallet) yang diberi nama ReliPay," ujarnya pada Jumat 26 Mei 2023 di kantor Reliance Group di Kota Kedoya Jakarta Barat.

E-Wallet ReliPay sebagai Solusi Transaksi Kebutuhan

Perkembangan teknologi saat ini juga sangat berpengaruh terhadap cara masyarakat melakukan transaksi, dimana sebelumnya pemahaman masyarakat di sektor keuangan itu ribet, seperti perlu mengambil uang ke ATM jika ingin berbelanja, dimana semuanya serba tunai (cash). Namun, sekarang semuanya sudah mulai cashless dimana dengan layanan e-wallet membuat semua transaksi lebih sangat mudah. ReLi:ID juga telah menjadi XAAS atau anything as a service, bahwa sebagai financial institution memiliki dan menawarkan semuanya termasuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, aset manajemen, sekuritas, pembiayaan dan juga modal ventura, yang semuanya bekerja selaras satu sama lain yang terintegrasi. Selain itu, nantinya masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ReliPay kedepannya yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis dan masyarakat luas dalam melakukan transaksi seperti DMT, AEPS, Isi Ulang dan Pembayaran Tagihan, pembelian Tiket Pesawat, dll. Sehingga, melalui e-wallet ReliPay ini seluruhnya menjadi terintegrasi dalam satu aplikasi.

Perkembangan Teknologi Finansial di Indonesia dengan ReLi:ID

Bermula dari pandemi Covid-19, khususnya di Indonesia, menjadi titik kritis yang membuat masyarakat harus terbiasa berbelanja secara online. Misalnya, perlu melakukan pembayaran cashless dibandingkan dengan tunai. Sehingga untuk mengatasi dan memenuhi kebutuhan tersebut, ReLi:ID melakukan transformasi menuju teknologi digital. ReLi:ID menawarkan berbagai solusi terintegrasi melalui 3 pilar produknya, yaitu Investasi, Proteksi (Asuransi) dan Financing (Pembiayaan) dari produk yang ada di Reliance Group. Reliinvest adalah aplikasi Wealth Management digital yang menawarkan kemudahan bagi individu untuk mencapai Goal-Based Investment dengan skema yang terjangkau. ReliDoc adalah platform insurtech yang memberikan kenyamanan bagi nasabah asuransi, diciptakan untuk menjaga nasabah tetap pada gaya hidup sehat dengan menyediakan layanan antara lain konsultasi dengan dokter langsung secara online dan pengantaran obat. Kami percaya bahwa Insurtech akan menjadi sangat penting, dimana seharusnya dengan dukungan teknologi (misalnya dengan biometric), dapat menawarkan produk asuransi yang customised (sesuai dengan lifestyle dan tingkat kesehatan seorang nasabah). Reli Dana Usaha yaitu sebuah produk di bawah pilar pembiayaan, bertujuan untuk membantu perusahaan-perusahaan UMKM memasuki pasar dengan lebih mudah secara digital. Jouhan juga menambahkan bahwa menurut data transaksi dari BI 2023, jumlah pedagang yang menggunakan QRIS sudah mencapai 24,9 juta dengan nominal transaksi QRIS tercatat sebesar Rp12,28 Triliun, artinya QRIS sudah diadopsi secara luas dan digunakan oleh masyarakat luas. Sehingga, ReLi:ID juga mulai bertransisi dengan cepat dari layanankonvensional ke teknologi digital yang terintegrasi penuh.

Unlocking 360 ° Value

Dalam era yang terus berkembang ini, banyak perusahaan menghadapi tantangan untuk tetap relevan dan berkelanjutan di tengah persaingan yang semakin ketat. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, ReLi:ID sebagai bagian dari Reliance Group memiliki falsafah “Business with Purpose” yang telah terbukti sebagai pendekatan yang sangat efektif serta membuat Reliance Group terus bertumbuh dengan fundamental yang kuat selama 20 tahun di Indonesia.

Business with Purpose adalah falsafah bisnis yang berfokus pada menciptakan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan, dengan tetap menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan. Hal ini memperkuat peran perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya dan membantu mengatasi berbagai masalah sosial dan lingkungan yang dihadapi oleh dunia saat ini. Melalui pendekatan ini, perusahaan dapat membangun kepercayaan konsumen yang kuat, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pemangku kepentingan.

Selain itu, Blue Ocean Strategy adalah strategi bagi ReLi:ID dengan menciptakan permintaan baru melalui inovasi berkelanjutan dan mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dengan melepaskan diri dari persaingan dan menciptakan ruang pasar tersendiri sehingga persaingan menjadi tidak relevan. Dalam strategi ini, Reli:ID mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pelanggan yang belum terpenuhi (“Unlocking 360 ° Value”) dengan mengembangkan penawaran produk atau layanan yang unik dan bernilai tinggi.

Reliance Group melalui ReLi:ID mengembangkan model bisnis O2O (Online-to-Offline), yaitu model bisnis digital yang mengintegrasikan system secara online dan offline untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Melalui O2O, ReLi:ID dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan berbelanja online bagi nasabahnya. Sehingga dengan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas nasabah.

Jouhan menegegaskan bahwa “Reli ID berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan tujuan yang jelas, mengadopsi strategi Blue Ocean yang kreatif, dan mengoptimalkan keunggulan O2O dalam segala aspek operasional kami”.

Dengan menghadirkan produk digital ReliPay, Reliance Group berperan aktif dalam mendukung gerakan menuju cashless society di Indonesia. Para pelaku bisnis dan masyarakat umum dapat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan ini dan merasakan kemudahan serta keuntungan yang ditawarkan oleh dompet digital ini.

ReliPay adalah langkah menuju masa depan yang lebih efisien, praktis, dan aman dalam melakukan transaksi keuangan. Melalui ReliPay tentunya, ReLi:ID secara aktif berperan mendukung gerakan di Indonesia menuju masyarakat non-tunai. Selain itu, diharapkan para pelaku bisnis dan masyarakat dapat dimudahkan dengan kehadiran ReliPay ini yang menawarkan manfaat banyak.

ReliPay juga merupakan sebuah langkah menuju masa depan yang lebih efisien, praktis dan aman dalam melakukan transaksi keuangan. Tanpa disadari bahwa di Indonesia belum banyak financial institution yang memiliki banyak wadah seperti mereka, di mana semua itu bersinergi dalam satu di Reliance. Sehingga, hal itu juga yang membedakan mereka dengan fintech lainnya yang rata-rata berfokus pada satu segmen saja, tutup Jouhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar