Simple Search, Ekstensi yang Hapus Iklan dari Penelusuran

Indah Mutia Ayudita . November 12, 2020

Foto: Google

Teknologi.id - Dalam waktu 10 tahun terakhir, Google telah membuat widget baru untuk hasil pencariannya. Sekelompok jurnalis membuat ekstensi browser untuk menunjukkan seperti apa hasil pencarian tanpa widget tersebut.

Ekstensi ini dibuat oleh The Markup. Simple Search hanya menampilkan hasil penelusuran web mentah dan menghapus panel informasi, link yang mengarah ke toko online, dan iklan penelusuran . Hasilnya? Tampilan ini seperti Google jadul yang lebih sederhana dengan implikasi antitrust yang mengejutkan.

"Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk melihat kembali ketika penelusuran online beroperasi sedikit berbeda," kata Maddy Varner dan Sam Morris. "Saat ini, pengguna tidak harus selalu meng-klik link untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan penelusuran. Google bisa memberikan informasi apa yang menurutnya penting di kotak informasi tambahan yang diambil dari situs web lain."

Baca juga: Sudah Download Satu dari 5 Aplikasi Kesehatan Terbaik Ini?

Hasil pencarian Google biasa (kiri) dan hasil pencarian dengan Simple Search (kanan). Foto: Simple Search

Kritik antitrust Google telah lama menyerukan penguraian hasil penelusuran dari produk Google seperti Maps atau Shopping, dengan alasan bahwa memasukkan kotak info memungkinkan Google 'menghabisi' kompetitornya.

Baca juga: Google Photos Bakal Sudahi Penyimpanan Unlimited pada 2021

Perwakilan AS, David Cicilline pada sidang tersebut mengungkapkan bahwa "Google berevolusi dari pintu dunia menjadi taman bertembok yang membuat pengguna tetap berada di dalam situsnya."

Pada sidang dengan pemimpin Amerika Serikat, CEO Google Sundar Pichai membela diri dengan menyebut perubahan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam penelusuran Google.

"Saat saya menjalankan perusahaan, saya benar-benar fokus untuk memberikan apa yang diinginkan pengguna," kata Pichai kepada Cicilline.

(im)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler