Google Photos Bakal Sudahi Penyimpanan Unlimited pada 2021

Rima Fidayani Rizki . November 12, 2020

Foto: Google

Teknologi.id - Selamat tinggal penyimpanan unlimited Google Photos. Setelah lima tahun memberikan backup foto tak terbatas (unlimited) secara gratis dengan kualitas mumpuni (high quality), akhirnya Google Photos memutuskan untuk mulai mengenakan biaya untuk penyimpanan di atas 15GB pada akun yang sama. Kebijakan ini mulai dilaksanakan pada 1 Juni 2021, bersama dengan sederet kebijakan Google Drive lainnya, seperti menghitung dokumen dan spreadsheet yang ada di Google Workspace agar tidak melebihi kapasitas yang ada. 

Baca Juga: WhatsApp Tambahkan Fitur Katalog Belanja di Chat Room

Dilansir dari The Verge, semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum 1 Juni tidak akan dikenakan peraturan 15GB tersebut, sehingga pengguna bisa memilih apakah masih ingin tetap menggunakan Google Photos atau beralih ke cloud storage lainnya. Kebiajakan tersebut hanya diberlakukan untuk foto-foto yang diunggah setelah 1 Juni.

Google sudah mulai menghitung unggahan foto berkualitas asli dengan penyimpanan yang terpakai dalam Google Photos. Namun, kebijakan Google Photos untuk menghilangkan fasilitas backup tak terbatas untuk foto dan video berkualitas tinggi (yang secara otomatis dikompres agar lebih efisien penyimpanannya) turut menghilangkan selling point terbesar dari aplikasi ini. Pasalnya, Google Photos dikenal sebagai layanan yang membuat penggunanya tidak perlu memikirikan kapasitas penyimpanan.

Sebagai catatan, pengguna Pixel 2 atau keluaran setelahnya masih dapat mengunggah foto berkualitas tinggi (bukan asli) dengan tidak terbatas secara cuma-cuma setelah 1 Juni. Jika masih menggunakan Pixel generasi pertama, maka akan mendapat pengecualian berupa layanan untuk mengunggah foto berkualitas asli secara tidak terbatas.

Google pun menekankan jika layanannya masih memberikan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih banyak dibandingkan layanan sejenis — pengguna mendapatkan penyimpanan 15GB dibandingkan yang dapat diberikan Apple iCloud, hanya 5GB — dan Google juga mengklaim jika 80 persen pengguna Google Photos belum akan mencapai kapasitas penyimpanan 15GB setidaknya selama 3 tahun.

Pihak perusahaan akan mengirimkan peringatan ketika pengguna mulai mencapai batas kapasitas penyimpanan. Google pun turut menambahkan tools untuk mengatur penyimpanan pada Google Photos, salah satunya tool yang membuat pengguna bisa dengan mudah menemukan dan menghapus foto-foto yang tidak diinginkan, seperti foto yang blur atau tangkapan layar (screenshots).

Baca Juga: TikTok Lakukan Uji Coba Fitur Galang Dana

Dilansir dari XDA Developers, jika ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan lebih banyak, pengguna harus merogoh kocek untuk berlangganan Google One, yang dimulai dari US$1.99 (sekitar Rp28 ribu) tiap bulannya, atau US$19.99 (Rp284 ribu) tiap tahunnya untuk mendapatkan 100GB. 

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler