Ngetweet di Twitter Bakal Dimaksimalkan Hingga 1.000 Karakter?

Teknologi.id . November 29, 2022

Foto: CCM

Teknologi.id - Batasan jumlah karakter di Twitter selalu menjadi perbincangan hangat di antara penggunanya. Kabar terbaru adalah adanya rencana penambahan jumlah maksimal karakter Twitter dari yang sebelumnya hanya 280 menjadi hingga 1.000 karakter, membuat pengguna bisa lebih bebas dalam berkicau dan berkeluh kesah.

Kabar ini berawal dari seorang pengguna Twitter yang menyarankan agar platform berlogo burung biru tersebut meningkatkan batas karakter menjadi 1.000, yang kemudian dijawab oleh pemilik dan CEO Twitter Elon Musk "itu ada dalam daftar yang akan dikerjakan."

Sebagai informasi, Twitter dulunya hanya mengijinkan penggunanya untuk menulis tidak lebih dari 140 karakter dalam setiap tweet. Untuk itulah platform tersebut sering disebut layanan microblogging, yang sekaligus sebagai pembeda utama antara Twitter dan layanan media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram.

Kemudian pada tahun 2017, Twitter setuju untuk meningkatkan batas jumlah karakter menjadi 280 karakter, termasuk tidak akan mengurangi jumlah karakter jika pengguna mengunggah GIF, polling maupun kutipan alias quote.

Baca juga: Tersebar Rumor Twitter Akan Bangkrut, Berikut 2 Cara Unduh Tweet Lawas Kamu!

Gagasan penambahan jumlah karakter Twitter memang seakan menjadi rencana Elon Musk sejak mengambil alih Twitter pada bulan Oktober lalu. Salah satu latar belakang Elon Musk mengakuisisi Twitter adalah untuk mengkampanyekan kebebasan berbicara (free speech) di media sosial tersebut.

Sebelumnya, Elon Musk juga menanggapi saran seorang pengguna Twitter untuk meningkatkan batas karakter menjadi 420 (angka yang berhubungan dengan budaya ganja dan sering dirujuk oleh Musk).

Dari tahun ke tahun batasan jumlah karakter Twitter memang selalu menjadi topik yang memecah belah. Sebagian pengguna menginginkan lebih banyak karakter, sementara yang lain menolak dengan alasan bahwa meningkatkan batas akan mengurangi kualitas kiriman dan merubah identitas Twitter yang terkenal karena tulisan singkatnya.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar