Monetisasi, Kabar Gembira untuk Content Creator TikTok!

Muhammad Iqbal Mawardi . January 21, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id – TikTok mengkonfirmasi kemarin bahwa mereka sedang menguji dukungan untuk monetisasi atau langganan berbayar. Ini membuka jalan bagi content creator di platform tersebut untuk mengenakan biaya pada konten mereka. 

Hal ini pertama kali dilaporkan oleh The Information, dimana TikTok tidak membagikan detail tentang kapan akan diluncurkan kepada content creator, berapa banyak content creator yang saat ini mengujinya, atau seperti apa struktur pembayarannya. 

Juru bicara TikTok, Zachary Kizer mengatakan bahwa langganan adalah konsep yang telah diuji, dan selalu memikirkan cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas di TikTok dan memperkaya pengalaman TikTok.

Jika diadopsi, ini akan menjadi langkah terbaru TikTok untuk membantu pembuatnya memonetisasi konten mereka. Ini memperkenalkan hub Creator berikutnya dengan alat monetisasi, dan meluncurkan fitur tip kepada pembuat yang memenuhi syarat pada bulan Desember, setelah mengujinya dengan grup yang lebih kecil.

Baca juga: Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi

Bagaimana TikTok akan menambahkan pembayaran langsung ke content creator ke model bisnisnya yang sangat sukses sedikit membingungkan. 

Keuntungan utama aplikasi dibandingkan pesaing adalah algoritma luar biasa yang menampilkan konten ke halaman For You milik pengguna. Ini adalah cara bagi content creator untuk menjangkau pengguna dan idealnya mengubah mereka menjadi pelanggan. Tetapi jika content creator memegang konten terbaik mereka untuk pelanggan, konten itu mungkin tidak tersedia untuk mendorong algoritma, yang pada gilirannya dapat mengurangi keterlibatan, karena secara teori, konten tersebut tidak ditampilkan ke non-pelanggan.

Ini bukan masalah unik untuk TikTok, tentu saja; semua platform digital yang mencoba membantu content creator dan pemberi pengaruh memonetisasi konten mereka mencoba untuk menyeimbangkan keterlibatan dengan membiarkan content creator memonetisasi secara langsung. 

Dan content creator itu sendiri harus dapat memprediksi konten apa yang bersedia dibayar oleh pelanggan, dan konten apa yang akan membantu mereka mempromosikan karya mereka sendiri.

Pengujian TikTok terhadap pelanggan berbayar mengikuti pengumuman Instagram bahwa ia juga meluncurkan pengujian langganan berbayar dengan sejumlah kecil content creator dan influencer. Pelanggan akan membayar biaya bulanan untuk mengakses konten eksklusif dari pembuat yang mereka ikuti, termasuk Story dan video Langsung. 

Tingkatan yang berbeda akan berkisar dalam harga mulai dari $0,99 hingga $99,99 per bulan tergantung apa yang diputuskan pembuatnya, dan lencana ungu akan menunjukkan status pelanggan kepada content creator/influencer di bagian komentar. 

Baca juga: Cara Dapat Uang dari Tiktok yang Mudah Dilakukan Pemula

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar