Sumber: Techcrunch
Teknologi.id - Siapa yang tidak mengetahui Spotify? Platform streaming musik tersebut sudah banyak digunakan masyarakat di banyak negara untuk mendengarkan musik atau podcast. Sekarang, Spotify melancarkan aksinya untuk meluncurkan situs web Spotify Tickets. Sebuah situs web untuk memesan tiket konser secara langsung.
Spotify mengeluarkan ini dengan tujuan untuk menjual tiket penggemar ke pertunjukan langsung dari platform alih-alih mengarahkan pengguna ke mitra pembelian tiket, seperti Ticketmaster dan Eventbrite. Situs web baru perusahaan mencantumkan konser yang akan datang dan memungkinkan pengguna membeli tiket ke pertunjukkan melalui kartu debit atau kredit. Oiya, kamu juga perlu membuat akun terlebih dahulu untuk bisa membeli tiket konser ini.
Baca Juga: 5 Universitas dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia
Selama ini, Spotify bekerja sama dengan Ticketmaster, Eventbrite, dan See Tickets untuk menjual tiket melalui Live Events Feed, di mana para pengguna bisa menelusuri pertunjukan dan membeli tiket dari pihak ketiga. Dengan rilisnya Spotify Tickets, kamu bisa memesan tiket konser kesayangan kamu tanpa perantara sehingga kamu bisa memesannya secara langsung.
Pada nyatanya, Spotify belum secara resmi mengumumkan peluncuran platform tiketnya, tetapi Chris Messina pertama kali mencatat bahwa situs tersebut tersedia bagi publik untuk memesan tiket. Situs ini mencantumkan pertunjukkan yang tersedia untuk dipesan di halaman beranda dan di bawah bagian acara saya. Pengguna dapat melihat pemesanan tiket mereka sebelumnya dan yang akan datang. Saat itu, Spotify Tickets telah menampilkan konser beberapa artis, seperti Limbeck, Crow, Annie DiRusso, Four Years Strong, dan TOKiMONSTA yang akan tampil di AS di masa yang akan datang.
Sumber: TechCrunch
"Di Spotify, kami secara rutin menguji produk dan ide baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa di antaranya pada akhirnya membuka wadah bagi pengalaman pengguna yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting. Ticket.spotify.com adalah ujian terbaru kami. Kami tidak memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan tentang rencana masa depan saat ini." ujar Spotify kepada TechCrunch.
Perusahaan mengubah halaman penemuan acara dalam aplikasi pada bulan Juni dengan penemuan pertunjukkan yang lebih baik untuk acara di sekitar area lokal pengguna. Sampai saat ini, Spotify menggunakan mitra penjualan tiketnya seperti Ticketmaster, AXS, DICE, Eventbrite, dan See Tickets untuk membuat daftar acara ini untuk pemesanan tiket. Dengan peluncuran platform tiketnya, ini mungkin berubah. Meskipun saat ini acara yang terdaftar di situs Spotify Tickets tidak tersedia di halaman Live event. Beberapa tiket yang terdaftar di halaman Spotify Tickets tersedia untuk dibeli langsung dari Spotify. Uniknya, tiket yang langsung dijual melalui Spotify juga saat ini tidak terdaftar di halaman artis. Perusahaan tidak membagikan informasi apa pun tentang rencana untuk mencamtukan acara dengan tiket langsung di halaman acara.
Baca Juga: Hyundai Stargazer Resmi Meluncur di GIIAS 2022
Bagian hukum situs tiket Spotify mengatakan bahwa perusahaan hanya bertindak sebagai agen tiket dan mengambil biaya pemesanan. Itu juga menyebutkan bahwa itu dapat menjual tiket atas nama "pihak ketika" yang dapat mencakup tempat, promotor acara, klub penggemar dan artis sebagai agen tiket yang diungkapkan.
Dalam sebuah blog yang diterbitkan pada bulan Juni, manajer produk Spotify untuk Live Events Discovery, Sam Sheridan, mengatakan bahwa ketika orang-orang terlibat dengan artis di aplikasi, mereka meninggalkan platform untuk mencari acara untuk pertunjukan langsung mereka. Dengan umpan acara langsung yang diubah dan platform tiket, perusahaan mencoba memecahkan masalah penemuan dan mendapatkan uang melelui pemesanan tiket secara langsung atau sebagai mitra afiliasi. Tahun lalu, perusahaan juga bereksperimen dengan menjual tiket konser pra-rekaman virtual karena pandemi. Perusahaan telah berada di bawah pengawasan konstan karena tidak mampu membayar artis dari streaming.
Peluncuran platform tiket Spotify datang beberapa hari setelah Tiktok bermitra dengan Ticketmaster untuk memungkinkan pengguna menemukan konser dan acara langsung lainnya. Pada bulan Februari, Snap menjalin kemitraan serupa dengan platform pemesanan tiket untuk mendorong penemuan acara melalui Snap Minis (program pihak ketiga Snapchat).
Tidak hanya Spotify, Tiktok rupanya juga sudah lebih awal mencoba fitur menjual tiket. Awal bulan ini, mereka bermitra dengan Ticketmaster yang memungkinkan pengguna membeli tiket konser Demi Lovato, OneRepublic, Usher, dan pertunjukan gulat WWE.
(nfr)
Tinggalkan Komentar