Jangan Risau, Kini Orang Tua Dapat Memantau Anak Lewat Instagram

Aliefa Khaerunnisa . March 18, 2022

Fitur Baru Instagram Kontrol Anak oleh Orang Tua

Foto: TheVerge

Teknologi.id - Meta memperkenalkan fitur "pengawasan orang tua" baru untuk Instagram dan realitas virtual (VR). Pembaruan akan tersedia pertama kali untuk Instagram, yang telah menghadapi gelombang pengawasan karena dampaknya terhadap remaja dan anak-anak, dengan kontrol orangtua baru datang ke headset Quest selama beberapa bulan ke depan.


Di Instagram, kontrol ini akan menjadi bagian dari "Pusat Keluarga" baru, di mana orang tua dapat mengatur batas waktu dan mengakses informasi tentang aktivitas anak remaja mereka di aplikasi. Untuk saat ini, orang tua akan dapat melihat daftar akun yang diikuti anak remaja mereka, serta akun mana yang mengikuti mereka. Orang tua juga akan diberi tahu jika anak remaja mereka melaporkan pengguna lain.


Khususnya, pembaruan untuk saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan orang tua hanya akan dapat mengakses fitur kontrol orang tua jika remaja "memulai pengawasan" dalam aplikasi itu sendiri. Remaja juga perlu menyetujui permintaan orang tua untuk pengawasan orang tua. “Selama beberapa bulan ke depan kami akan menambahkan fitur tambahan, termasuk membiarkan orang tua mengatur jam di mana anak remaja mereka dapat menggunakan Instagram, dan kemampuan lebih dari satu orang tua untuk mengawasi akun seorang remaja,” tulis Kepala Instagram Adam Mosseri dalam sebuah blog. Pos.


Fitur-fitur baru, yang pertama kali dijanjikan pada bulan Desember, tiba setelah Instagram dipaksa untuk "jeda", setelah seorang pelapor mengungkapkan penelitian internal yang mendokumentasikan dampak Instagram pada kesehatan mental remaja. Pengungkapan tersebut mendorong anggota parlemen untuk mendorong Meta mengakhiri pekerjaan di Instagram Kids sepenuhnya. Sejauh ini, eksekutif Meta telah menolak untuk melakukannya.


Mosseri, selaku Bos Instagram, mengatakan perusahaan juga berencana untuk menambahkan fitur kontrol orang tua serupa ke headset Quest-nya sehingga orang tua juga dapat membatasi aktivitas anak-anak mereka dalam realitas virtual. Fitur tersebut, yang tidak akan diluncurkan selama beberapa bulan lagi, akan memungkinkan orang tua untuk membatasi konten VR yang diberi peringkat untuk usia 13 tahun ke atas dan menetapkan batasan lain untuk pembelian VR. Mulai bulan depan, wali akan dapat mengunci aplikasi tertentu untuk mencegah remaja mengakses konten yang tidak sesuai usia. Kemudian, pada bulan Mei, anak-anak berusia antara 13 dan 17 tahun akan diblokir dari mengunduh aplikasi yang tidak sesuai usia dari Quest Store, meskipun orang tua dan wali akan dapat menggantinya berdasarkan aplikasi demi aplikasi.


Baca juga: Mark Zuckerberg Berambisi Bawa NFT ke Instagram, Kapan?

Untuk saat ini, Instagram mengatakan remaja sendiri perlu memulai fitur pengawasan dari aplikasinya di perangkat seluler, tetapi pada bulan Juni, Instagram meluncurkan kemampuan bagi orang tua dan wali untuk memulai proses (walaupun remaja masih perlu memberikan izin). Fitur tambahan, seperti dapat mengatur waktu tertentu ketika seorang remaja dapat menggunakan Instagram, juga sedang dikembangkan.

Alat Instagram adalah bagian dari dorongan yang lebih luas dari Meta untuk menawarkan lebih banyak dukungan kepada orang tua dan wali yang khawatir tentang penggunaan produk-produknya oleh anak remaja mereka. Hari ini, ia juga meluncurkan Pusat Keluarga baru, yang menurut perusahaan pada akhirnya akan menawarkan toko serba ada untuk mengakses alat pengawasan di semua produk Meta. Ini memiliki pusat pendidikan, yang menawarkan artikel saran, tutorial video, dan tips tentang cara berbicara dengan remaja tentang media sosial.


Meta juga sedang mengerjakan "Dasbor Orang Tua" atau Parent Dashboard untuk aplikasi Oculus sehingga orang tua dapat mengawasi apa yang ditonton anak-anak mereka dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan di VR.


Dasbor Orang Tua di aplikasi seluler Oculus juga akan menawarkan fitur pengawasan VR tambahan seperti kemampuan untuk secara proaktif memblokir aplikasi seperti browser web, melihat semua aplikasi yang dimiliki oleh anak remaja mereka, menerima pemberitahuan pembelian, melihat dan mengelola waktu layar, dan melihat milik anak remaja mereka. Daftar teman. Meta mengatakan headset-nya tidak sesuai untuk pengguna di bawah usia 13 tahun.


Meskipun alat pengawasan Instagram diluncurkan di AS hari ini, Mosseri mengatakan alat itu akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang. (aks)

 

Baca juga: Cara Menghapus Akun Instagram Anda

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar