Foto: Instagram
Teknologi.id – Instagram membuat beberapa perubahan baru yang berfokus pada pembuat konten pada platformnya, yang menurut Kepala Instagram Adam Mosseri dimaksudkan untuk memastikan bahwa kredit diberikan kepada mereka yang pantas mendapatkannya.
Hal-hal baru terdiri dari tiga perubahan: tag produk sekarang tersedia untuk semua orang, sehingga Anda dapat menandai produk di posting kita; kita dapat menetapkan diri kita ke kategori seperti "Fotografer" atau "Rapper" dan membuat kategori itu muncul setiap kali kita ditandai di sebuah pos; dan Instagram akan mulai lebih gencar mempromosikan konten asli di platform.
“Jika Anda membuat sesuatu dari awal. Anda harus mendapatkan lebih banyak pujian daripada jika Anda membagikan ulang sesuatu yang Anda temukan dari orang lain. Kami akan mencoba dan berbuat lebih banyak untuk mencoba dan lebih menghargai konten asli, terutama dibandingkan dengan konten yang diposting ulang,” kata Mosseri dalam sebuah video.
Menilai konten asli bukanlah hal baru, tentu saja, tetapi Mosseri mengatakan Instagram akan lebih condong ke arah ini.
Meta telah memperjelas bahwa ia melihat Facebook dan Instagram sebagai platform yang berfokus pada pembuat konten, bukan sebagai alat bagi orang untuk terhubung dengan teman-teman mereka.
Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain
Jadi kedua platform telah berinvestasi dalam alat belanja, cara bagi pembuat konten untuk membangun pemirsa, dan banyak hal lain yang mereka harap akan menarik content creator mereka untuk berhenti menjadi TikToker dan YouTuber dan mulai menjadi Instagrammer dan Facebooker.
Reels adalah inti dari upaya ini. CEO Meta Mark Zuckerberg menyebut video pendek itu sebagai format konten yang paling cepat berkembang sejauh ini, dan sekarang tersedia di Facebook dan Instagram.
Tetapi siapa pun yang menggunakan Reels tahu itu bisa terasa seperti tiruan TikTok, seringkali dengan konten yang sama baru saja diposting ulang, logo TikTok dan semuanya dari tempat lain.
Salah satu cara Instagram untuk mendisinsentifkan praktik itu? Menguburnya di peringkat. Dan itulah yang tampaknya akan dilakukan Mosseri.
Mengenai bagaimana Instagram akan menentukan apa yang dianggap asli, Mosseri hanya mengatakan bahwa itu sulit, dan pihak Meta akan mengulanginya seiring waktu.
Perubahan tersebut kemungkinan akan menjadi masalah besar bagi akun agregator, banyak di antaranya merupakan sumber meme dan tren yang sangat populer tetapi sering dituduh mencuri konten dan kredit dari pembuat konten.
“Seiring kami lebih condong ke rekomendasi, menjadi semakin penting bahwa kami tidak menilai agregator secara berlebihan. Karena itu akan buruk bagi pembuat konten, dan karenanya buruk bagi Instagram dalam jangka panjang,” tweet Mosseri.
Dorongan untuk konten asli di produk sosial Meta bukanlah hal baru, juga bukan fakta bahwa hal-hal paling populer di Facebook dan Instagram cenderung dijiplak.
Platform Meta memiliki audiens terbesar, tetapi TikTok, Twitter, dan lainnya cenderung menjadi tempat meme dan tren baru dibuat.
(MIM)
Tinggalkan Komentar