Instagram Klarifikasi Dugaan Lacak Data Lokasi Pengguna

Aprilia Khairul Amalia . August 29, 2022

 Foto: Freepik

Teknologi.id - CEO Instagram, Adam Mosseri telah membantah klaim bahwa aplikasi media sosial Instagram dapat melacak data lokasi penggunanya. Dugaan ini menyebut bahwa Instagram dapat mengakses lokasi pengguna dan membagikannya dengan pengguna lain. 

Seperti dilansir GSMArena (29/8), klarifikasi ini muncul setelah adanya dugaan sebelumnya yang bersumber dari sebuah unggahan viral di Instagram. Postingan tersebut mengklaim bahwa pembaruan iOS baru-baru ini telah memungkinkan seseorang untuk menemukan lokasi akurat pengguna melalui aplikasi Instagram. 

Tuduhan itu juga mengatakan bahwa aplikasi media sosial milik Meta ini dapat mengakses lokasi akurat pengguna dan membagikannya dengan pengguna lain. Sehingga banyak pengguna Instagram telah memutuskan untuk mematikan izin lokasi di aplikasi. 

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Pilihan Bahasa yang Lebih Beragam di Versi Beta

Tak lama berselang setelah unggahan tersebut menjadi viral, Instagram diketahui telah memposting pernyataan klarifikasi. Melalui akun Twitter resmi @InstagramComms, perusahaan mengatakan tidak membagikan data lokasi dengan pengguna lain.

“Untuk jelasnya, kami tidak membagikan lokasi Anda ke pengguna lain. Serupa dengan perusahaan media sosial lainnya, kami menggunakan lokasi akurat untuk hal-hal seperti tag lokasi dan fitur peta,” tulis @InstagramComms melalui Twitter.


Instagram Comms menambahkan, pengguna juga dapat mengelola fitur Location Services yang ada di aplikasi melalui pengaturan di perangkat mereka. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan fitur tag lokasi di unggahan mereka jika informasi tersebut benar-benar perlu untuk dibagikan. 

Baca juga: Cara Membuat NGL Link pada Instagram dengan Mudah!

Menurut pengumuman dari akun Instagram Comms, Adam Mosseri juga  memberikan penjelasan serupa. Dia menjelaskan bahwa Location Services dapat memperkuat fitur tag lokasi di Instagram, tetapi aplikasi tersebut masih tidak dapat mengakses lokasi pengguna untuk membagikannya kepada orang lain. 

“Location Services adalah pengaturan perangkat di ponsel Anda, bukan fitur baru di Instagram, dan memperkuat fitur seperti tag lokasi. Kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain,” tutur Adam melalui akun Twitter pribadinya.


(aka)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar