Iklan YouTube Bakal Muncul Lebih Lama dan Susah Di-skip

Aprilia Khairul Amalia . September 14, 2022

Foto: Ilustrasi aplikasi YouTube (Pexels.com)

Teknologi.id - Kabar buruk bagi pengguna YouTube yang belum berlangganan YouTube Premium. Rupanya, platform video ini sedang menguji coba iklan yang lebih panjang dalam satu video. 

Menurut berita yang dibagikan Gizchina, Selasa (13/9/2022), pengguna YouTube kini harus berurusan dengan 5 iklan sekaligus dalam satu video.

 

Sebelumnya, iklan atau ads dalam satu video hanya berkisar satu atau dua kali saja. Beberapa dapat di-skip dan beberapa juga tidak.  Hal baru lainnya, sepertinya Google sedang menguji fitur tersebut di YouTube, dan peluncuran fitur tersebut akan dimulai bulan ini untuk pengguna gratis YouTube. 

Pengguna YouTube pasti kesal dengan adanya pengumuman fitur iklan ini, hanya 2 iklan saja dianggap sudah mengganggu, apalagi 5 iklan dan tidak bisa di-skip pula. 

Baca juga : SAFEnet: Kebocoran Data di Indonesia Terburuk di Asia, Bahkan Bisa Jadi di Dunia

Beberapa pengguna yang menjadi penguji YouTube mengeluh bahwa “YouTube hanya memberi saya 5 iklan panjang yang tidak dapat dilewati".

Menanggapi kekecewaan pengguna, YouTube memberikan penjelasan tentang kabar 5 iklan dalam satu video ini. Dari beberapa pengguna yang menonton 5 iklan dalam satu video, durasi iklannya hanya sekitar 5-6 detik. Jadi, dalam satu video hanya berdurasi sekitar 30 detik video iklan.

Perusahaan mengklaim ini terjadi dengan apa yang disebutnya "iklan bumper". Karena masih dalam tahap uji coba, YouTube meminta pengguna untuk mengirim umpan balik langsung ke YouTube melalui tool Feedback. 

Baca juga: Ladang Cuan Baru? YouTube Garap Channel Store untuk Langganan Streaming Platform Lain

Sementara beberapa pengguna saat ini masih mendapatkan dua iklan yang dapat di-skip, YouTube harus menyadari bahwa pengujian ini akan mendapat respon negatif dari pengguna layanan gratis. 

Sejauh ini, tidak jelas apakah YouTube akan meluncurkan iklan ini ke lebih banyak akun atau tidak dan merilis dalam waktu dekat. Itu semua tergantung pada feedback pengguna.

(aka)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar