Hati-Hati! Screenshot di Instagram Dapat Diketahui Orang Lain

Naufal Fadillah Ramadhan . August 27, 2022

Sumber: Freepik

Teknologi.id - Terkadang ada beberapa momen yang dirasa perlu disimpan dari konten yang tampil di Instagram. Hal itu mendorong beberapa pengguna untuk meng-screenshot beberapa momen penting di dalam Instagram, baik itu resep makanan, kutipan senja yang mengena di hati, atau mungkin saja kegiatan yang dilakukan mantan kamu. Dari beberapa momen tersebut, apakah jika kita meng-screenshot di Instagram, orang lain akan mengetahui kegiatan kita?  

Screenshot Feed/ Stories/ Reels

Pengambilan gambar dengan metode screenshot di Instagram Stories, baik umum maupun yang ditunjukan untuk teman dekat (close friends), tidak akan disertai dengan notifikasi. Hal ini akan serupa ketika pengguna mengambil tangkapan layar pada postingan reels atau feed sekalipun. Pemilik postingan tidak akan menerima notifikasi bahwa seseorang telah mengambil tangkapan layar dari Instagram feed, story, maupun reels. Dengan demikian, pengguna bisa bebas menangkap gambar tanpa harus diketahui oleh pemilik konten, apalagi harus izin kepada pemiliknya.

Baca Juga: Cara Membuat NGL Link pada Instagram dengan Mudah!

Sebelum kebijakan terbaru ini, Instagram memang pernah menerapkan kebijakan tersebut, sebelum pada akhirnya dihapuskan. Meski sudah tidak berlaku, ada kemungkinan kebijakan ini dapat berubah, seiring dengan perkembangan waktu dan juga kebiasaan dari pengguna Instagram. Jadi, alangkah baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu kebijakan terbarunya.

Screenshot Direction Messages

Jika sebelumnya tidak ada notifikasi jika kamu screenshot untuk IG story, feed, dan reels, hal ini akan berbeda kasus dengan direct messages (DM) Instagram. Di DM Instagram, pengguna dapat melakukan percakapan serta berkirim foto dan video. Pengguna bisa mengirim video/ foto lewat kamera Instagram bawaan.

Baca Juga: Cara Posting NFT di Instagram, Gampang Banget!

Dalam kamera Instagram, tersedia tiga opsi berkirim video dan foto di dalam DM Instagram. Opsi tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Keep in chat, memungkinkan foto atau video akan tampil dan dapat dilihat di ruang obrolan
  • Allow Replay, memungkinkan penerima foto dan video untuk mengulang konten yang dikirimkan
  • View Once, memungkinkan foto atau video yang dikirim hanya bisa sekali saja dibuka dan dilihat penerima. Jika kamu sudah membukanya, akan ada animasi efek "bom" sebelum durasi melihat foto/ video itu berakhir.

Ketika pengirim mengirimkan dengan opsi "View Once", kamu sebagai penerima akan mendapatkan notifikasi. Notifikasi tersebut kurang lebih akan berbunyi , "( nama akun pengguna) took a screenshot of the photo you sent".

Walaupun memang kamu dapat bebas untuk screenshot postingan orang lain, alangkah baiknya memang mendapatkan izin terlebih dahulu. Paling tidak, jika kamu memposting konten screenshot hasil karya orang lain (reupload) mencantumkan sumber dari mana kamu mendapatkan konten ini. Ini mencegah dari tindakan pencurian hak milik karya orang lain.

(nfr)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar