Cara Search Google Offline, Bisa Tanpa Internet?

Teknologi.id . August 06, 2020

Foto: The Endicia Blog


Teknologi.id - Pengguna internet saat ini siapa sih yang tidak kenal Google? Ya, Google adalah raksasa mesin pencarian internet yang saat ini semakin menggurita di berbagai produk teknologi terbaru.

Rasanya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa semua informasi yang ingin kalian cari di internet bisa ditemukan di Google. Hal inilah yang lantas menjadikan Google bagaikan andalan para pencari informasi dari semua kalangan.

Namun, setelah bertahun-tahun menggunakan Google untuk mencari informasi di internet, apakah kalian tahu bahwa sebenarnya Google bisa melakukan pencarian di mode offline? Berarti bisa digunakan tanpa internet, dong?

Daripada makin penasaran, yuk simak cara search Google offline pada artikel di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengetahui Siapa yang Sering Kepoin Profil WhatsApp-mu

Cara Search Google Offline

Mode Offline pada pencarian Google sebenarnya sudah hadir sejak bertahun-tahun lalu, meskipun begitu, masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Mode Offline ini tersedia di aplikasi Google Search pada Android. Ya, bukan pada browser internet, melainkan di Google Search yang biasanya terdapat di deretan atas halaman Home smartphone Android. Dengan fitur ini kalian bisa mencari informasi melalui Google saat tidak ada koneksi internet.

Namun yang perlu diingat, Google bukannya mengunduh seluruh konten yang ada di internet dan membebankan pada smartphone pengguna, melainkan Google akan mengantrekan pencarian yang dimasukkan ketika pengguna berada di area tanpa sinyal jaringan selular maupun koneksi WiFi. Sehingga, hasil pencarian yang akan muncul pun juga akan tertunda sampai berhasil terkoneksi kembali dengan internet.

Google nantinya akan memberikan notifikasi jika hasil pencarian dari kata yang dicari telah tersedia saat smartphone sudah terkoneksi internet.

Cukup tekan notifikasi tersebut dan otomatis pengguna akan dialihkan ke aplikasi Google untuk melihat hasil pencarian yang diantrekan. Tidak perlu lagi masuk secara manual dan mengetik ulang kata kunci.

Baca juga: Cara Membatasi Pengguna Wi-Fi Biar Nggak Lemot!

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Pertama-tama, pastikan kalian harus memperbarui aplikasi Google di Android melalui Play Store terlebih dulu. Setelah itu cukup mencari pilihan ‘Settings’, dan pilih menu ‘Offline Search’ dan aktifkan ‘Always Retry Searches’.

Pengguna bisa menyimpan sebanyak mungkin pencarian secara offline. Setiap pencarian yang tertunda akan disimpan di aplikasi Google di bawah opsi Manage Searches. Pengguna juga bisa mematikan kemampuan baru ini di opsi yang sama, jika tidak berkenan.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya