Cara Menghapus Riwayat Perjalanan di Google Maps

Annisa Fadillah . December 20, 2020

Foto: Kompas Tekno

Teknologi.id -  Di jaman serba mudah seperti sekarang ini, berbagai layanan untuk membantu aktivitas tersedia sangat luas. Salah satunya adalah Google Maps yang sangat populer. Tak hanya untuk melihat peta, Google Maps juga gemar digunakan masyarakat untuk memberi tahu petunjuk jalan.

Secara otomatis pula, Google Maps ini akan mencatat dan menyimpan riwayat perjalanan Anda, lengkap dengan tanggal dan waktunya. Di sisi positifnya, layanan ini tentunya sangat membantu Anda untuk menuju tempat lokasi, melihat review sebuah destinasi, dan melihat apa saja yang ada di sekitar lokasi.

Namun, mungkin saja layanan ini bisa menjadi boomerang. Pasalnya, data-data berupa riwayat perjalanan sangatlah penting dan private. Jika data-data tersebut jatuh ke tangan yang salah, bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif. Anda mungkin perlu menghapus jejak di Google Maps dalam beberapa waktu.

Baca Juga: Microsoft Fokus untuk Hilangkan Kebutuhan Password

Nah, berikut ini adalah cara untuk menghapus data-data riwayat perjalanan dan lokasi Anda di Google Maps, sekaligus cara untuk menghentikan aplikasi navigasi itu terus 'membuntuti' Anda:

  • Buka aplikasi Google Maps yang telah di-update (Anda bisa melakukan update untuk mendapat versi terbaru di PlayStore atau AppStore)
  • Klik menu (memiliki simbol tiga garis horizontal di bagian kiri atas aplikasi)
  • Pilih opsi 'Your Timeline'
  • Klik tiga titik di pojok kanan layar
  • Pilih opsi 'Setting and Privacy'
  • Pilih opsi 'Automatically Delete Location History' (jika Anda klik pilihan ini, maka semua data lokasi Anda akan langsung terhapus)
  • Ubah setingan dari 'Keep Until I Delete Manually' ke 'Keep for 18 Months' atau 'Keep for 3 Months'

Untuk setelan yang terakhir ini, pilihlah salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 'Keep for 18 Months' dapat Anda pilih ketika Anda ingin menyimpan riwayat perjalanan selama 18 bulan. Sedangkan, 'Keep for 3 Months' bisa menjadi opsi terbaik jika Anda ingin menyimpan history perjalanan selama 3 bulan saja. Setelah tenggat waktu tersebut, maka data dan riwayat perjalanan Anda akan terhapus secara otomatis.

Baca Juga: Terkena Bug, Data Pribadi Pengguna Instagram Rawan Bocor

(af)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler