7 Tips SEO YouTube: Peringkat Tertinggi + Banjir Views!

Teknologi.id . September 10, 2020


How to cancel a YouTube Premium subscription on desktop or mobile -  Business Insider
Foto: Business Insider

Teknologi.id - Sejak beberapa tahun terakhir, aplikasi YouTube semakin ramai digunakan masyarakat. Tak sedikit pula yang akhirnya ikutan menjadi Youtuber dengan membuat channel di platform tersebut.

Membludaknya orang yang membuat channl dan mengunggah video, menjadikan sebagian pemula merasa minder lantaran takut tidak banyak yang menyaksikan unggahan video mereka.

Jika kamu merasa bagian dari content creator pemula ini, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan algoritma mesin pencari (SEO YouTube) untuk menjaring penonton yang lebih banyak.

Berikut ini 7 tips SEO YouTube agar videomu mendapat banyak views dan menempati peringkat tertinggi di kolom pencarian.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi YouTube Lemot di Smartphone

7 Tips SEO YouTube Terbaru 2020

1. Riset Keyword

Dalam membuat video, kita juga perlu melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai kita sudah membuat video dengan kualitas bagus tetapi tidak ada penonton yang mencari video dengan topik tersebut. Untuk itu lakukan riset yang mendalam tentang konten video Youtube dengan tool SEO Youtube yang banyak tersedia saat ini seperti keywordtools.io, VidIQ, SEMrush, Ahrefs, hingga plugin atau ekstensi pada browser yaitu Keywords Everywhere. Carilah keyword video-video yang memiliki potensi banyak pencarian.

2. Kualitas video

Video yang berkualitas akan membuat penonton betah melihat video sampai selesai. Ada beberapa hal yang membuat video menjadi berkualitas seperti kualitas video, audio yang baik, teknik pengambilan video dan teknik editing yang bagus. Dan jangan lupa konten yang ada pada video juga harus menarik penonton, sehingga membuat penonton bisa balik lagi dan subscribe untuk melihat video yang lain.

3. Tentukan judul dan deskripsi

Dengan menggunakan judul dan deskripsi yang mengandung keyword akan meningkatkan skor SEO dari video tersebut. Trik SEO YouTube ini bisa kalian lakukan setelah melakukan riset keyword, kemudian kalian bisa menambahkan long tail keyword dari keyword utama video dengan tambahan CTA pada video yang menarik. Perlu diingat, jangan membuat video yang mengandung clickbait, yaitu judul video dan isi videonya berbeda sehingga membuat penonton kecewa.

Baca juga: Cara Download Lagu dari YouTube ke HP Tanpa Aplikasi

4. Tambahkan keyword tags

Tags dalam YouTube menjadi salah satu hal yang dibaca oleh mesin pencarian YouTube. Penggunaan tag yang baik dan benar akan membantu memudahkan video kalian ditemukan pada halaman pencarian Youtube. Setiap video memungkinkan untuk kalian tambahkan 30-40 keyword tags tergantung dari jumlah kata yang digunakan. Untuk menentukan tags apa saja yang perlu ditambahkan, bisa mengunakan tools SEO Youtube seperti keywordtools.io, VidIQ, Ahrefs, SEMrush, Keyword Everywhere dan lainnya.

5. Membuat embed dan link video

Embed dan link video dapat membantu meningkatkan promosi video lama kalian sehingga mudah ditemukan oleh para penonton. Kalian bisa menyisipkan video lama pada video baru dengan catatan masih ada hubungan satu sama lain. Selain itu kalian juga bisa melakukan embed video pada website atau blog dengan menambahkan script HTML. Dengan ini peluang video kalian dilihat akan semakin banyak sehingga menambah views dan subscriber.

6. Rutin Update

Sama halnya dengan website, kalian perlu melakukan update rutin channel YouTube untuk mendapatkan skor SEO yang baik. Dengan pembaruan konten yang rutin, akan ada banyak para subscriber yang rela menunggu video baru dari channel kalian.

7. Promosikan video

Setelah melakukan semua teknis SEO YouTube, langkah terakhir adalah melakukan promosi video. Ada banyak cara yang bisakalian lakukan untuk melakukan promosi video, salah satunya dengan menggunakan media sosial. Media sosial memiliki peran yang penting untuk content marketing apalagi dengan bentuk video. Kalian cukup dengan melakukan share ke media social yang dimiliki bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram dan akun sosial media lainnya, untuk menjangkau lebih banyak penonton.

Jika memungkinkan, kalian bisa melakukan promosi video berbayar dengan menggunakan iklan. Kalian bisa menggunakan layanan iklan dari Google, Facebook dan media iklan lainnya.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler