7 Poin Kebijakan Baru WhatsApp dan Penjelasan Lengkapnya

Teknologi.id . January 07, 2021

Foto: SoyaCincau

Teknologi.id - Beberapa pengguna WhatsApp dikabarkan mulai menerima pemberitahuan pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi baru dari aplikasi chatting WhatsApp.

Sebagai informasi, Persyaratan dan Kebijakan Privasi baru WhatsApp ini efektif berlaku pada 8 Februari 2021. Setelah tanggal tersebut, WhatsApp menegaskan, pengguna harus menyetujui kebijakan baru tersebut agar tetap bisa menggunakan layanannya. Jika tidak setuju, pengguna bisa menghapus akunnya.

Nah, di dalam notifikasi tersebut, WhatsApp menyebutkan adanya beberapa perubahan kebijakan privasi. Salah satunya, pengguna kini harus setuju membagi data mereka dengan Facebook jika ingin tetap menggunakan layanannya.

Di luar dari hal itu, ada 7 poin yang perlu pengguna ketahui mengenai pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi baru layanan WhatsApp kali ini. Apa saja?

Baca juga: Orang-orang Ini Tidak Boleh Disuntik Vaksin Sinovac

1. Perubahan kebijakan privasi baru

Dilansir dari Gadgets Now, Kamis (7/1/2021), WhatsApp menghadirkan tiga perubahan dalam kebijakan barunya, diantaranya yaitu bagaimana perusahaan memproses data pengguna, bagaimanan bisnis dapat mengakses layanan Facebook untuk menyimpan dan mengelola obrolan WhatsApp, dan nantinya akan lebih banyak integrasi WhatsApp dengan produk Facebook lainnya.

2. Data yang akan dikumpulkan WhatsApp

Berdasarkan kebijakan privasi baru, WhatsApp akan mengumpulkan data hardware (perangkat keras). WhatsApp bakal mengumpulkan informasi spesifik mengenai perangkat dan koneksi saat pengguna memasang, mengakses, atau menggunakan aplikasi WhatsApp.

Data yang dikumpulkan mencakup informasi seperti model perangkat keras, informasi sistem operasi, level baterai, kekuatan sinyal, versi aplikasi, informasi browser, jaringan seluler, informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau ISP), bahasa dan zona waktu, alamat IP, informasi operasi perangkat, dan pengidentifikasi (termasuk pengidentifikasi unik terhadap Produk Perusahaan Facebook yang dikaitkan dengan perangkat atau akun yang sama).

3. Informasi yang dibagikan ke Facebook

Hampir semua data yang dikumpulkan WhatsApp akan dibagikan ke Facebook. Kebijakan Privasi menyampaikan akan membagian mulai nomor ponsel, alamat IP, hingga informasi perangkat.

"Informasi yang kami bagikan dengan Facebook Companies termasuk informasi registrasi aku (seperti nomor ponsel), data transaksi, informasi yang terkait dengan layanan, informasi mengenai cara berinteraksi dengan pengguna lain (termasuk bisnis) ketika menggunakan layanan termasuk informasi lain yang kami kumpulkan berdasarkan persetujuan pengguna," seperti dikutip dari kebijakan privasi baru WhatsApp.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, 6 Fitur WhatsApp Ini Ternyata Berguna

4. Belum ada iklan

Sampai sejauh ini, WhatsApp masih belum mengizinkan iklan spanduk pihak ketiga di layanannya. Perusahaan juga belum berniat untuk menampilkannya.

"Tetapi jika kami melakukan hal tersebut, kami akan memperbarui Kebijakan Privasi ini," kata WhatsApp dalam pembaruan privasi. Jadi ada potensi iklan akan muncul di WhatsApp.

5. Data yang akan disimpan WhatsApp

Kebijakan privasi WhatsApp mengungkapkan mereka akan mengumpulkan data alamat IP, dan informasi lain seperti kode area nomor ponsel meski penguna tidak mengaktifkan fitur lokasi pengguna. Ini untuk memperkirakan kota atau negara pengguna.

WhatsApp menyebut akan menggunakan pusat data global Facebook, termasuk yang ada di Amerika Serikat (AS) untuk menyimpan data pengguna.

6. Data tetap ada meski akun WhatsApp dihapus

Jika kamu menghapus akun WhatsApp secara langsung bukan berarti data kamu juga menghilang. Pengguna harus mengambil semua data dari WhatsApp untuk kemudian dihapus sendiri.

"Ketika kamu menghapus data, itu tidak akan mempengaruhi informasi kamu yang berkaitan dengan grup percakapan yang dibuat atau informasi kamu yang dimiliki oleh pengguna lainnya seperti salinan pesan yang pernah dikirimkan," tulis WhatsApp.

Baca juga: Cara Memunculkan Tombol Chat WhatsApp di Profil Instagram

7. Hati-hati berinteraksi dengan WhatsApp Business

Dengan perubahan kebijakan privasi ini, ketika pengguna berinterasi dengan WhatsApp Business, beberapa pengguna lain bisa melihat konten kamu bagikan. Artinya kamu tidak bisa memastikan bagaimana data itu digunakan.

"Bisnis dapat memberi penyedia layanan pihak ketiga akses ke komunikasinya untuk mengirim, menyimpan, membaca, mengelola, atau memprosesnya untuk bisnis," kata kebijakan itu.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler