6 Tools SEO YouTube Terbaik 2020

Teknologi.id . September 10, 2020


Self Made Magazine | 10 innovative Ideen für ein Online Business
Foto: Self Mode Magazine


Teknologi.id - Semakin maraknya para pembuat konten (content creator) video di platform YouTube membuat persaingan untuk mendapatkan jumlah views serta menempati peringkat tertinggi pencarian menjadi semakin ketat.

Untuk itulah penting bagi seorang YouTuber untuk mengetahui tips SEO YouTube terbaru beserta ragam tools SEO YouTube yang harus digunakan.

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan performa konten video agar bisa mendapatkan jumlah views yang banyak serta menempati posisi tinggi di laman pencarian Youtube dan mesin pencarian.

Nah, bagi kalian khususnya para YouTuber pemula yang videonya masih belum mampu menyedot banyak views, berikut ini 6 tools SEO YouTube terbaik 2020 untuk membantu mengoptimalkan performa video kalian.

Baca juga: 7 Tips SEO YouTube: Peringkat Tertinggi + Banjir Views!

6 Tools SEO YouTube Terbaik 2020

1. Google Trend

Interest in Bitcoin (BTC) is Growing According to Google Trends - Ethereum  World News

Tools ini dibuat oleh Google dan dapat diakses secara gratis untuk kalian melakukan riset terkait dengan tren topik yang sedang banyak dicari sebelum membuat konten YouTube.

Selain mengetahui topik yang sedang banyak diperbincangkan, Google Trend juga membantumu membandingkan topik yang satu dengan yang lainnya sehingga dapat memberikan gambaran topik mana yang lebih baik.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengetik topik yang ingin dicari, tentukan penelusuran YouTube dan persempit pencarian di kolom wilayah dan waktu.

2. VidlQ

VidIQ: The Ultimate Guide

Tools SEO Youtube selanjutnya, bisa kamu dapatkan melalui aplikasi ekstensi Chrome seperti VidiQ. VidlQ berguna untuk menaikan peringkat video di YouTube, serta mempelajari bagaimana mengoptimalkan video tersebut.

Melalui tools SEO Youtube ini kamu akan mengetahui tingkat keterlibatan audiens, view per jam, durasi tampilan, bahkan memberi tahu seberapa besar kemungkinan videomu masuk ke bagian pencarian video yang disarankan.

Sayangnya untuk menggunakan tools canggih ini, kamu perlu membayar paket mulai dari USD 7.50 per bulan (Pro) dan USD 30 per bulan (Boost).

3. YouTube Analytic

YouTube Analytics: Your Guide to Measuring Channel Performance

Bila di Google terdapat Google Analytic, YouTube juga memiliki tools analytic bawaan yang dinamakan YouTube Analytic. Alat ini sangat efektif untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan saluran YouTubemu.

Melalui tools ini kamu bisa mengetahui berapa banyak audiens baru yang datang dan berapa banyak audiens lama yang kembali ke channel-mu, rata-rata durasi tontonan, video paling banyak ditonton, jumlah subcribers, jumlah views, berapa jumlah audiens yang membagikan video itu dan lain-lain.

Hal penting yang perlu kamu tahu adalah dengan semakin lama durasi tontonan di channelmu, maka semakin bagus dalam YouTube Analytic. Jangan ragu untuk menggunakannya karena tools ini tersedia gratis di YouTube.

4. TubeBuddy

TubeBuddy Review: The Best Tool for YouTubers (2020)

Hampir sama seperti tools VidlQ, TubeBuddy juga bisa kamu instal melalui ekstensi Chrome. TubeBuddy bisa digunakan untuk mengecek SEO Video dan data serta penelitian yang perlu dilakukan.

Ada berbagai macam fitur yang terdapat dalam TubeBuddy di antaranya meliputi tools suggested tag, tag explorer, membandingkan thumbnail yang menarik, generator GIF animasi, tautan pendek khusus pelacakan klik, export dan backup, membagikan ke Facebook dan lain-lain.

Kamu bisa mendapatkan tools ini dengan berlangganan USD 9 - USD 49 per bulan, tetapi tersedia juga dalam versi gratis.

5. Serpstat

File:Serpstat competitor analysis.jpg - Wikipedia

Tools SEO YouTube yang satu ini berasal dari Swiss. Fungsinya hampir sama seperti Google Trend untuk memeriksa volume keyword tetapi, lebih dari itu tools ini terbilang lebih lengkap.

Serpstat menyediakan berbagai fitur mulai dari analisis backlink, research keyword, mengaudit situs sendiri, menganalisis kompetitor, dan track rank.

Dengan menggunakan tools ini kamu dapat menemukan kata kunci yang relevan dengan konten video YouTubemu serta memungkinkan untuk menemukan kata kunci niche yang potensial.

Tidak dijelaskan secara resmi apakah tools SEO YouTube ini berbayar atau tidak, tetapi nampaknya kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu.

6. RankTracker

Rank Tracker software by Octoboard: track and report SEO keyword rankings

SEO tools YouTube selanjutnya adalah RankTracker. Tools ini membantu kamu untuk melakukan riset keyword sebelum memilih topik atau judul apa yang tepat untuk videomu.

RankTracker akan menyajikan beberapa metrik seperti perkiraan kunjungan, volume pencarian, dan bagaimana kompetisinya di YouTube.

(dwk)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler