5 Platform Digital untuk Anda yang Hobi Menulis

Annisa Fadillah . December 09, 2020

Foto: Brainpulse

Teknologi.id - Menulis merupakan salah satu hobi yang paling digemari. Dengan menulis, segala isi pikiran, hati, bahkan ide mampu dicurahkan dengan baik. Tak pandang usia, kegiatan ini sangat cocok dilakukan lintas generasi. Dari menulis, karya-karya hebat juga bisa diciptakan, contohnya puisi, cerita pendek, novel, dan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, telah tersedia banyak platform digital khusus untuk mengembangkan kemampuan menulis Anda. Lewat platform ini, tulisan Anda akan bisa dipublikasi secara langsung. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak pembaca dan siapa tahu mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan novel seperti Raditya Dika. Nah, berikut adalah 5 platform digital menulis rekomendasi kami:

Baca Juga: Rekomendasi Situs Magang Online Terbaik di Tengah Pandemi

1. Wattpad

Foto: Kumparan

Wattpad merupakan salah satu platform menulis paling favorit. Penggunanya sendiri sudah mencapai jutaan. Di Wattpad, Anda dapat menulis cerita pendek hingga novel. Pihak Wattpad sendiri menyediakan menu untuk memudahkan Anda menulis cerita seperti episode, overview, cover, dll. Bukan rahasia umum lagi, jika Wattpad sendiri telah melahirkan banyak penulis yang karyanya dilirik oleh penerbit. Aplikasi ini tersedia secara gratis. Selain untuk menulis cerita, Wattpad merupakan tempat yang tepat untuk membaca cerita karya orang lain.

2. Medium

Foto: Scoltice

Selain Wattpad, ada juga platform menulis lainnya; yakni Medium. Kelebihan yang dimiliki oleh Medium adalah tampilannya yang simpel dan sederhana. Anda tidak perlu mengatur banyak plugin, HTLM, maupun CSS untuk menentukan desain tema dan template. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang senang membaca artikel berupa opini, reportase, dan artikel feature yang panjang. Selain hadir dengan interface yang bersih, di Medium tulisan Anda juga bisa mendapatkan apresiasi lewat vote 'tepuk tangan' yang bernama Clap.

3. Steller

Foto: Steller

Steller merupakan singkatan dari storyteller alias penutur cerita atau pendongeng. Steller menyediakan semua elemen untuk bercerita, meliputi teks, foto, dan video. Anda bisa menceritakan pengalaman perjalanan Anda dengan menambahkan beberapa foto atau video di dalamnya. Jadi, aplikasi menulis yang satu ini pastinya bakal menjadi favorit bagi Anda yang punya hobi menulis sekaligus traveling. Cerita yang Anda unggah di Steller akan berbentuk seperti e-book, dengan satu judul cerita yang memiliki beberapa lembar halaman di dalamnya.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

4. Storial.co

Foto: Storial.co

Storial.co adalah sebuah aplikasi menulis untuk Anda yang ingin mengunggah tulisan atau cerita dalam format buku. Fitur pada Storial.co memungkinkan penggunanya bisa menuliskan ceritanya bab per bab. Terdapat juga fitur yang menghubungkan antar penulis maupun antar pembaca. Aplikasi ini sengaja dibuat untuk melahirkan penulis-penulis berbakat baru di Indonesia. Apakah Anda salah satunya?

5. Jotterpad

Foto: Jotterpad

JotterPad sangat cocok digunakan untuk menulis novel, puisi, lirik lagu, hingga artikel. Format tulisan yang tersedia di JotterPad bisa berupa .txt, pdf, markdown, dan docx. JotterPad juga memiliki interface yang user-friendly dan kamus built-in. Kedua fitur spesial ini sudah pasti dapat meningkatkan produktivitas menulis Anda.

Baca Juga: Cara Edit Video di CapCut dan Mengunggahnya ke TikTok

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler