Mengenai #ForYou Page
#ForYou Page adalah nama dari salah satu fitur khas dari aplikasi TikTok. Pada dasarnya, fungsinya tidak jauh berbeda dengan linimasa atau timeline dari kebanyakan media sosial.
Hanya saja, jika linimasa adalah halaman yang menunjukkan unggahan dari orang-orang yang kita ikuti, #ForYou Page ini memperlihatkan unggahan secara acak sesuai dengan preferensi kita sebagai pengguna.
Dengan kata lain, #ForYou Page menjadi daya tarik tersendiri dari TikTok, karena akan mempermudah kita dalam menemukan konten ataupun pembuat konten yang kita sukai.
Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa baca keterangan langsung dari TikTok tentang #ForYou Page di sini.
Lalu, faktor apa saja yang menyebabkan sebuah konten untuk masuk ke dalam #ForYou Page kita? Simak jawabannya di bagian selanjutnya.
Faktor yang Mempengaruhi Algoritma TikTok
Jumlah Like, Comment, Share, Completion, dan Re-watch
Berbicara mengenai aspek-aspek di atas, berarti menyinggung perihal bagaimana engagement yang diraih oleh suatu konten secara umum.
Seberapa banyak like dan comment yang didapat, berapa kali dibagikan oleh orang-orang, berapa banyak orang yang menonton kontennya sampai selesai, hingga berapa banyak orang yang menonton ulang konten tersebut.
Semakin tinggi jumlahnya, semakin tinggi pula untuk masuk ke dalam #ForYou Page orang banyak.
Pengaturan Perangkat
TikTok ternyata juga mempertimbangkan bagaimana suatu perangkat diatur. Beberapa pengaturan perangkat seperti lokasi dan bahasa menjadi faktor yang mempengaruhi konten seperti apa yang akan direkomendasikan.
Dengan kata lain, TikTok akan lebih cenderung menyuguhkan konten-konten lokal kepada kita.
Audio
TikTok menyediakan opsi bagi para pembuat konten untuk dapat menggunakan suara asli dari sebuah video, atau menggunakan suara buatan orang lain sebagai voice-over.
Ternyata, hal ini juga berpengaruh loh! Tentunya penggunaan audio yang sedang trending dan banyak digunakan oleh orang lainnya akan meningkatkan peluang kita untuk muncul di #ForYou Page.
Hashtag dan Kata Kunci dalam Caption
#Hashtag dalam dunia media sosial umumnya berfungsi sebagai penanda kategori dari sebuah konten. Begitu pula halnya di TikTok.
Dalam caption sebuah unggahan, kita dapat memberikan sinyal atau petunjuk bagi TikTok untuk dapat mengkategorikan konten yang kita buat.
Caranya adalah dengan menggunakan hashtag tertentu, ataupun menyematkan kata kunci yang relevan dalam kalimat caption.
Sebagai contoh, jika kita ingin muncul dalam #ForYou Page orang-orang yang menyukai dunia otomotif, maka kita bisa menyematkan hashtag #otomotif dan juga kata kunci yang terkait dengan otomotif.
Kiranya demikian beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma dari TikTok. Untuk para pembuat konten di TikTok, sebisa mungkin terapkan hal-hal di atas untuk mendapatkan exposure lebih ya!
Tinggalkan Komentar