Konten Instagram Kini Dapat Dibagikan dengan Fitur QR Code!

Lusita Amelia . August 26, 2022

Foto: Mashable

Teknologi.id - Hampir seluruh pengguna akun Instagram pernah menggunggah konten atau foto dalam akun masing-masing. Baik itu foto pribadi, bersama keluarga, hingga untuk keperluan bisnis. Dengan segala kemudahan yang ada, Instagram kini banyak menyediakan fitur-fitur terbaru untuk mempermudah pengguna dalam berinteraksi dan menggunggah konten. Inovasi terbarunya kali ini adalah membuat unggahan konten pengguna dapat dibagikan dengan QR Qode.

Sebelumnya pada tahun 2020, Instagram merilis fitur QR Code untuk akun profil pengguna. Hal ini sangat memudahkan bagi para pengguna lain agar tidak perlu repot-repot menuliskan nama pengguna untuk saling mengikuti. Ide ini juga diterapkan dengan tujuan yang sama dalam membuat QR Code untuk sebuah konten yang diunggah. Mari kita simak lebih dalam pada artikel di bawah ini!

Seperti yang sudah kalian ketahui, QR Code sangat mempermudah kehidupan khususnya bertransaksi. Mulai dari scan QR untuk pembayaran, untuk mendapatkan informasi tertentu, hingga hal-hal kecil lainnya. Dengan satu scan, kita dapat diarahkan langsung kepada konten yang ingin kita tuju. Begitu pula inovasi yang dibuat oleh Instagram, di mana QR Code ini akan mempermudah seseorang untuk mendapatkan berbagai informasi dalam satu kali scan.

Baca juga: Menurut Studi, Google Paling Banyak Mengumpulkan Data Penggunanya

Juru bicara Meta yang merupakan developer dari Instagram mengungkapkan bahwa QR Code ini bermanfaat untuk memudahkan orang dan bisnis berbagi konten tertentu, Instagram belum lama ini meluncurkan dukungan kode QR untuk (berbagi) profil, tag, lokasi, Reels dan lainnya.

Tidak hanya untuk akun bisnis, fitur ini dapat digunakan untuk keperluan pribadi bagi pengguna biasa. Kalian sudah mulai dapat membagikan QR Code konten unggahan kalian agar dapat discan oleh orang lain. Caranya cukup mudah, yaitu setelah mengunggah sebuah konten, klik titik tiga yang ada di sebelah kanan pojok atas, lalu pilih opsi QR Code. Kalian juga dapat menyimpan QR Code yang akan dibagikan ke dalam galeri kalian sehingga dapat disebarkan secara berkala. Ketika memindai QR tersebut, kalian akan mendapatkan informasi mengenai deskripsi akun dan tanggal pengunggahan konten tersebut. Namun sayangnya, fitur ini baru dapat digunakan pada unggahan konten berbentuk foto. Sejauh ini untuk unggahan berbentuk video atau reels belum dapat dibuat QR Code-nya. 

Fitur terbaru ini akan sangat bermanfaat bagi para influencer dan pebisnis yang gencar mempromosikan usahanya melalui Instagram. Pengguna lain akan dengan mudah mengetahui informasi mengenai sebuah akun dari konten yang diunggah tersebut. Misalnya, seorang pebisnis makanan mengunggah promosi usahanya melalui foto di Instagram. Dengan mengunduh QR Code postingan tersebut, pengguna lain akan lebih mudah mengetahui promo apa yang sedang berlangsung di toko tersebut walaupun belum mengikuti akun perusahaan. Hal ini lantaran orang lain akan mengetahui deskripsi akun dari konten yang discan tersebut sehingga akan membuat pengguna lain tertarik dan bahkan mengikuti akun tersebut. 

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Tampilkan Foto Profil Anggota dalam Obrolan Grup

Sampai saat ini, belum ada informasi atau sebaran resmi mengenai fitur terbaru ini dari pihak Instagram tersendiri. Mungkin di aplikasi sebagian pengguna belum dapat mencoba fitur QR Code ini. Beredarnya informasi mengenai QR Code ini disebarkan oleh seorang pemerhati aplikasi, yaitu Alessandro Paluzzi. Dirinya kerap kali menyebarkan informasi mengenai suatu aplikasi yang akan membuat fitur-fitur baru dalam pengembangannya. Fitur ini juga sudah dicoba dan diunggah oleh pemilik akun Twitter @MattNavarra. Ia menunjukkan bagaimana tampilan dalam fitur tersebut.

foto: Twitter/@MattNavarra

Selain itu, pengguna akun Twitter lain juga sedang heboh dengan memindai QR Code yang ada di akhir video dari girl Band Korea, TWICE. Mereka dapat memindai QR tersebut dan langsung tertuju kepada unggahan foto anggota member TWICE tersebut. Para fans mereka dibuat terharu dan senang dengan adanya fitur dan konten tersebut. 

Sudahkah kalian mencoba fitur terbaru Instagram ini? Belum ada update resmi dari Instagram mengenai apakah harus memperbarui versi aplikasi terlebih dahulu atau tidak. Namun, kalian dapat mulai mencobanya pada akun Instagram pribadi kalian masing-masing. Selamat mencoba!

(LA) 

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar