Instagram Hadirkan Fitur Baru Reels dan Kamera Depan Belakang, Sudah Coba?

Aprilia Khairul Amalia . July 22, 2022

Foto: Instagram

Teknologi.id - Untuk memberi kenyamanan pengguna Instagram, Meta kembali menawarkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk lebih kreatif dalam membuat video Reels. Instagram telah mengumumkan sejumlah alat dan fitur baru yang mempermudah pembuatan konten di Reels. 

Dalam pengumuman tersebut, manajer Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa Instagram hanya akan memiliki satu format video, yaitu Reels.  Selain itu, fitur-fitur baru yang akan hadir dalam beberapa minggu ke depan dalam video Reels mencakup template, remix foto, remix layout, dual camera, dan penyematan klip dengan cara baru.

"Kami ingin Instagram mudah digunakan, jadi semua video di Instagram akan menjadi Reels. Tidak semua video di Instagram adalah video dance, tetapi kami ingin pengguna memiliki akses ke tool yang berbeda (di Reels)," katanya. 

Baca juga: Cara Membuat NGL Link pada Instagram dengan Mudah!

Mosseri juga mengungkapkan bahwa Instagram memperkenalkan beberapa tool untuk memudahkan pengguna membuat video di Instagram.  Setelah  beberapa bulan pengujian, Reels pasti akan menjadi satu-satunya format video pendek di feed Instagram. Artinya Instagram akan menggabungkan format video menjadi Streams dan Instagram TV (IGTV) menjadi Reels. 

Hingga saat ini, Instagram menawarkan beberapa format video di platformnya, yaitu Instagram Stories, Video Streams, Instagram TV, dan Reels. Video Stream, IGTV, dan Stories adalah tiga format video yang semuanya ditampilkan di  feed atau timeline Instagram dengan batasan durasi yang berbeda. Video in-stream standar adalah 3-60 detik, IGTV 15-60 menit, dan Stories 15-90 detik. 

Mengutip blog Instagram, tim Mosseri sedang mengembangkan alat Remix untuk meningkatkan cara pengguna bercerita di Instagram saat berkolaborasi dengan konten kreator atau teman terdekat. Apa saja? 

Reels for photos

Foto masih menjadi pengalaman inti di Instagram. Nah, dalam beberapa minggu mendatang, pengguna akan dapat menggabungkan atau me-remix foto publik. Dengan cara ini, pengguna bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat Reels mereka sendiri. 

Layout remix yang diperluas 

Pengguna dapat memilih antara layar hijau, lanskap atau split screen, atau reaksi untuk ditambahkan ke video komentar pada Reels saat ini. 


Tambahkan klip

Alih-alih membuat Remix kamu muncul di sebelah Reels asli, pengguna dapat menambahkan klip video mereka nanti, setelah video  asli. Dengan cara ini video dapat diputar secara berurutan. 

"Instagram ingin membuat semua orang bisa mengekspresikan ide-ide kreatif dengan mudah sehingga kami menghadirkan fitur untuk meng-capture, edit, dan membagikannya dari ponsel pengguna," kata Instagram dalam blognya. 

Template

Template memungkinkan pengguna dengan mudah membuat Reels, memuat ulang audio, dan klip placeholder. Dengan cara ini, pengguna hanya perlu menambahkan foto atau klip video mereka sendiri. 

Pengguna dapat menemukan contoh ide template dengan mengetuk ikon kamera di tab Stories.   Pengguna hanya perlu membuka Reels camera > klik "Template"> pilih template yang ingin digunakan > klik "Use Template" (gunakan template). Fitur Template Reels tersedia di aplikasi Instagram versi 244.1.0.19.110 di ponsel Android. 

Dual


Pengguna dapat merekam konten dan bereaksi secara bersamaan. Dalam hal ini, pengguna dapat merekam secara bersamaan dengan kamera depan dan belakang ponsel untuk berbagi perspektif yang berbeda menggunakan fitur Dual di kamera Instagram. 


Seperti yang dikatakan Mosseri, semua video yang diunggah ke Instagram akan dibagikan sebagai Reels. Karena Reels memberikan pengalaman pembuatan dan menonton video yang lebih luas dan lebih menyenangkan, Instagram menghadirkan tool kreatif dan pengalaman layar penuh ke video Reels. 

"Dalam beberapa minggu mendatang, semua video yang diunggah kurang dari 15 menit bakal dibagikan sebagai Reels. Video yang diunggah sebelum perubahan ini bakal tetap jadi video, bukan Reels," tutur Instagram dalam blognya.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Siapa saja yang dapat melihat Reels kamu? 

Jika akun pengguna bersifat publik, video baru apa pun yang menjadi Story dapat direkomendasikan dan dilihat oleh lebih banyak orang di Instagram. Pengaturan ini diterapkan pada Reels yang berdurasi kurang dari 90 detik. 
Sedangkan jika akun pengguna diatur ke pribadi, Stories hanya akan dilihat oleh pengikut pengguna. 

Profile

Instagram akan menggabungkan tab video dan Reels di profil pengguna. Jadi hanya akan ada satu halaman beranda untuk semua video yang telah diunggah, baik itu video Reels maupun video yang sebelumnya sudah diunggah.

(aka)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar