WhatsApp Uji Coba Fitur Blokir Pesan dari Nomor Tidak Dikenal untuk Hindari Phising

Sekar Arum Pangastuti . August 21, 2024
sumber: unsplash.com/@maria_shalabaieva


Teknologi.id – Aplikasi berkirim pesan, WhatsApp tengah berfokus pada peningkatan keamanan privasi penggunanya. Baru-baru ini, WhatsApp dikabarkan sedang kembangkan fitur yang mampu memblokir pesan dari nomor tidak dikenal.

Apabila fitur ini diaktifkan pengguna dapat memblokir pesan dari nomor yang tidak dikenal secara otomatis. Dikabarkan fitur ini baru tersedia di WhatsApp Beta Android dengan versi 2.24.8.11. Meski begitu, fitur blokir nomor tidak dikenal ini telah dijadwalkan untuk rilis di masa mendatang dengan tujuan agar pengguna terlindung dari chat yang sifatnya spam, berbahaya, atau percakapan yang tidak diinginkan.

fitur blokir pesan whatsapp dari nomor tidak dikenal
Foto: WABetaInfo

Baca Juga: Deretan Fitur-fitur Terbaru WhatsApp 2024: Revolusi Komunikasi di Era Digital

Ketika pengguna mengaktifkan fitur ini, maka pengguna secara tidak langsung telah mengurangi volume data dalam aplikasi sehingga data dapat diproses lebih cepat dan aplikasi berjalan lebih lancar. Fitur blokir nomor tidak dikenal ini memberikan pengguna keleluasaan untuk menetapkan batasan pesan yang ingin diterima dari nomor yang tidak dikenal dengan jangka waktu terterntu. Jika pesan dari nomor tidak dikenal telah melampaui batas, WhatsApp akan memblokir pesan secara otomatis.

WhatsApp seringkali dimanfaatkan untuk melakukan kejahatan seperti phising, menyebarkan konten berbahaya, hingga melacak lokasi dan alamat IP pengguna. Dengan adanya fitur ini, WhatsApp berniat untuk menghadirkan pengalaman berkomunikasi yang lebih aman dan terlindungi. Fitur blokir nomor tidak dikenal ini sengaja dikembangkan dengan alogoritma untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan sekaligus menjaga privasi pengguna.

Baca Juga: WhatsApp Uji Coba Fitur 'Chat Themes' & 'Favorite', Bikin Chatting Makin Seru!

Selain itu, WhatsApp juga mengembangkan fitur-fitur yang digunakan untuk melindungi privasi pengguna seperti fitur perlindungan alamat IP saat melakukan panggilan sehingga lokasi pengguna sulit dilacak. Ada pula fitur untuk menghilangkan tautan pratinjau yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp. Nantinya fitur ini dapat menyembunyikan alamat IP pengguna sehingga tidak bisa dilacak oleh pihak ketiga atau pihak penyelenggara web.

Dengan adanya fitur pemblokiran pesan nomor tidak dikenal ini, WhatsApp telah menambah kontrol pengguna untuk terhindar dari modus-modus penipuan yang memanfaatkan WhatsApp. Sayangnya, untuk saat ini fitur blokir nomor tidak dikenal ini masih dalah tahap pengembangan dan sedang diuji coba. Perlu diketahui, fitur-fitur WhatsApp yang terdapat pada versi beta dapat diganti atau dihapus sebelum rilis secara resmi. Apabila fitur ini mendapatkan respon positif dari pengguna versi beta, kemungkinan besar fitur ini akan dirilis.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(sap)

Share :