Lakukan Cara Ini untuk Login Whatsapp dengan Nomor yang Tidak Aktif

Nova Dila Amalia Robo . October 25, 2024

Cara Login Whatsapp Nomor Tidak Aktif
Foto: Slash Gear

Teknologi.id- Pernahkah Anda mencoba login WhatsApp dengan nomor yang sudah tidak aktif? Jika ya, Anda pasti tahu betapa frustrasinya ketika tidak bisa mengakses akun Anda. WhatsApp memang dirancang untuk terhubung dengan nomor telepon aktif, namun ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

Sebelum membahas solusinya, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa login dengan nomor yang sudah tidak aktif sangat sulit. WhatsApp menggunakan nomor telepon sebagai identitas unik untuk setiap pengguna. Ketika nomor tidak aktif, server WhatsApp tidak dapat mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut. Akibatnya, proses verifikasi tidak dapat diselesaikan, dan Anda tidak bisa login.

Cara login dengan nomor yang sudah tidak aktif ke Whatsapp ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk masuk kembali kedalam akunnya. 

Baca Juga: Simpan Kontak di WhatsApp Kini Lebih Mudah dan Bisa Pakai Username

Cara Login Whatsapp dengan nomor yang sudah tidak aktif

Pada dasarnya, cara login kedalam Whatsapp dengan menggunakan nomor yang sudah tidak aktif tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Dalam proses login ini, pengguna tidak memerlukan aplikasi ketiga seperti aplikasi pembuat nomor palsu yang belum tentu aman.

Cara ini juga bisa dilakukan tanpa perlu pengguna mengikuti langkah-langkah resmi yang dikeluarkan oleh Whatsapp. Untuk melakukan cara login ini, terdapat dua konidsi akun yang perlu untuk dipahami oleh pengguna. 

Kondisi pertama adalah nomor tidak aktif, tetapi akun WhatsApp masih dalam kondisi aktif, masih digunakan, atau masih login. Kemudian, kondisi kedua adalah nomor tidak aktif, tetapi akun WhatsApp telah dikeluarkan atau telah di-logout.

Kedua kondisi nomor tersebut memiliki penanganan yang berbeda dalam cara login Whatsapp.

Dikutip dari Tekno Kompas, berikut beberapa yang dapat dilakukan untuk login Whatsapp dengan nomor yang tidak aktif.

1. Ganti Nomor Whatsapp

Cara login Whatsapp dengan nomor yang sudah tidka lagia ktif adalah dengan mengganti nomor yang terdaftar sebagai akun Whatsapp. Pengguna dapat menemukan fitur ini di dalam aplikasi.

Cara ini memungkinkan pengguna untuk mengganti nomor lamake nomor baru tanpa perlu khawatir akan mengubah ataupun menghapus data akun.

Baca Juga: Makin Mirip Instagram Stories, Kini Bikin Status di WhatsApp Bisa Pakai Lagu

Dengan nomor yang telah diganti, pengguna nanti bisa memakainya buat login WhatsApp lagi. Adapun cara mengganti nomor WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Account”.
  • Klik opsi “Change number” atau “Ganti Nomor dan tekan “Lanjut”

Foto : Teknologi.id/Nova Dila Amalia

  • Masukkan nomor telepon lama yang sudah tidak aktif dan nomor telepon baru yang aktif sebagai penggantinya, lalu tekan “Lanjut”.
  • Berikutnya, pengguna bisa mengaktifkan opsi “Beri tahu kontak” untuk memberi notifikasi ke kontak saat nomor telepon berganti.
  • Pengguna bisa memilih memberi tahu semua kontak, kontak yang ada di daftar chat, atau kontak tertentu.
  • Semua grup yang diikuti akan otomatis diberi tahu. Setelah mengatur pemberitahuan pergantian nomor, klik opsi “Selesai”.

Foto : Kompas.com

  • Masukkan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirim WhatsApp ke nomor telepon baru dan nomor akan berhasil diganti tanpa mengubah atau menghapus data. Semua data chat, grup, dan media, bakal tetap tersedia setelah nomor diganti. 
  • Jika nomor telah diganti, pengguna bisa memakainya buat login WhatsApp di perangkat lain atau perangkat baru dengan data yang masih tetap sama (jika sudah dicadangkan).

Cara ini hanya berlaku jika kondisi nomor yang tidak aktif masih dapat dipakai login dan Whatsapp. 

2. Login Dengan Email

Berikutnya, cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah tidak aktif bisa dilakukan dengan login menggunakan email. WhatsApp menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna buat login menggunakan email.

Kode verifikasi untuk login Whatsapp bisa dikirim ke email yang terdaftar atau tertaut di akun WhatsApp. Dengan demikian, pengguna bisa login tanpa nomor HP. Adapun cara login WhatsApp tanpa nomor HP dengan email adalah sebagai berikut:

Foto : Teknologi.id/Nova Dila Amalia

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  • Kemudian, pilih menu “Settings” dan klik opsi “Account”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Email address”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Add Email”  dan masukkan alamat e-mail yang nanti dipakai untuk menerima kode verifikasi saat hendak login akun WhatsApp.
  • Setelah memasukkan alamat e-mail, WhatsApp bakal mengirim kode verifikasi ke alamat e-mail itu.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim dan alamat e-mail berhasil terverifikasi.
  • Setelah e-mail didaftarkan dan terverifikasi, pengguna bisa mencoba untuk login WhatsApp.
  • Saat hendak login WhatsApp, setelah memasukkan nomor telepon, kode verifikasi untuk login akun WhatsApp akan bisa dikirimkan via e-mail yang telah terdaftar tadi.
  • Dikutip dari laman resmi WhatsApp, seandainya e-mail telah terdaftar dan terverifikasi, tetapi WhatsApp masih mengirim kode verifikasi via SMS dan nomor telepon, saat hendak login pengguna dapat mengganti metodenya agar dikirim via e-mail.

Sama seperti cara pertama, cara kedua ini juga hanya bisa dilkukan jika nomor masih dapat dipakai login.

3. Aktifkan kembali nomor telepon

Cara paling mudah dan efektif adalah dengan mengaktifkan kembali nomor telepon Anda. Hubungi operator seluler Anda dan tanyakan prosedur untuk mengaktifkan kembali nomor yang sudah tidak aktif. Setelah nomor aktif kembali, Anda bisa mencoba login WhatsApp seperti biasa.

Cara yang ketiga ini cocok dipakai dalam kondisi nomor tidak aktif, tetapi akun WhatsApp dalam kondisi logout. Dalam kondisi nomor tidak aktif dan akun WhatsApp dikeluarkan, pengguna tak bisa mengakses pengaturan akun seperti kedua cara di atas, sehingga pengguna perlu mengaktifkan kembali nomor HP agar bisa menerima kode verifikasi.

Login WhatsApp dengan nomor yang sudah tidak aktif memang menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda mungkin bisa mengatasi masalah ini. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan keamanan data Anda saat mencoba solusi-solusi alternatif.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News.

(nda)

Share :