Microsoft Rilis Tanggal Peluncuran Windows 11 dan Syaratnya

Fabian Pratama Kusumah . September 01, 2021

Foto: Windows Blog

Teknologi.id - Microsoft mengumumkan bahwa Windows 11 akan dirilis pada 5 Oktober. Sistem operasi baru ini akan tersedia gratis untuk PC yang memakai Windows 10 yang memenuhi syarat, atau pada hardware yang dibundling dengan Windows 11.

Pembaruan gratis ke Windows 11 akan mulai diluncurkan pada tanggal 5 Oktober, tetapi seperti pada Windows di masa lalu, update ini akan tersedia secara bertahap.

Perangkat baru yang memenuhi syarat akan ditawarkan pemutakhiran terlebih dahulu, dan kemudian Windows 11 akan tersedia untuk lebih banyak perangkat dalam beberapa minggu dan bulan setelah 5 Oktober.

“Mengikuti pembelajaran yang luar biasa dari Windows 10, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan Anda pengalaman terbaik,”

Jelas Aaron Woodman, manajer umum pemasaran Windows di Microsoft, dilansir dari The Verge hari Rabu 01 September 2021.

Baca juga: Review ASUS ROG Strix G15 Advantage, Gaming Rata Kanan

“Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022.”, tambahnya.

Jika anda menggunakan PC dengan Windows 10 maka akan ada notifikasi pembaruan Windows 11.

Anda juga dapat memeriksa untuk melihat apakah perangkat Anda memenuhi syarat untuk pemutakhiran Windows 11 melalui Pembaruan Windows, atau aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC khusus Microsoft (saat ini dalam pratinjau ).

Sementara Windows 11 akan diluncurkan pada 5 Oktober, tidak semua fitur yang diumumkan akan langsung tersedia.

Foto: Windows 11 bawa aplikasi Android,  Windows Blog

Microsoft membawa aplikasi Android ke Windows 11 dalam kemitraan dengan Amazon dan Intel, tetapi fitur ini tidak akan tersedia pada 5 Oktober.

Pratinjau aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia untuk Windows Insiders dalam beberapa bulan mendatang, kemungkinan tidak akan diluncurkan ke semua pengguna Windows 11 hingga 2022.

Microsoft mengklarifikasi persyaratan sistem minimum untuk Windows 11 minggu lalu, tetapi juga mengungkapkan solusi bagi mereka yang tidak memenuhinya.

Baca juga: Microsoft Tingkatkan Minimal Spesifikasi untuk Windows 11?

Anda dapat menginstal Windows 11 pada hardware dengan menggunakan metode ISO, selama PC memiliki prosesor 64-bit 1GHz dengan dua inti atau lebih, RAM 4 GB, penyimpanan 64 GB, dan chip TPM 1.2.

Namun, PC Windows 11  dengan perangkat yang tidak didukung mungkin tidak mendapatkan akses ke Pembaruan Windows, dan bahkan patch keamanan.

Jika PC Anda tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025.

Namun, tidak jelas berapa banyak pembaruan besar yang akan dirilis Microsoft untuk Windows 10 selama empat tahun ke depan.

(fpk)

Share :