Foto: Kalbe Nutritionals
Teknologi.id - Perkembangan teknologi saat ini telah mengubah berbagai aspek, salah satunya dalam cara perusahaan berkomunikasi dengan konsumennya. Brand komunikasi memainkan peran penting dalam perusahaan, strategi yang efektif dapat meningkatkan calon potensial konsumen baru dan merek dikenal. Kalbe Nutritionals selaku perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan memanfaatkan teknologi dan menyadari kebutuhannya dalam meningkatkan kesadaran (awarenesss) akan merek agar produknya tetap dapat dikenal oleh konsumen.
Perusahaan yang bergerak di bidang makanan kesehatan dan minuman ini merupakan salah satu bagian dari PT Kalbe Farma Tbk, memiliki misi "Providing Best Nutrition Solution for a Better Life", yang bertujuan untuk memastikan produk-produknya dikembangkan secara bertanggung jawab agar dapat memberikan manfaat bagi kehidupan lebih banyak orang, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.
Baca Juga: Green Heroes Run 2023: Menggabungkan Lomba Lari dan Pelestarian Mangrove dengan NFT
Tentunya, meningkatkan awareness merek kepada masyarakat dalam pengembangan produk tidak mudah. Kalbe Nutritionals sendiri dalam mengembangkan produk terbarunya menyesuaikan dengan kebutuhankonsumen (customer needs) dan juga tren.
Maria Roesli selaku Divisi Commercial Kalbe Nutrionals pada Teknologi.id menjelaskan bahwa "Untuk Kalbe sendiri karena visi kita dan misi itu mau membuat dan memberikan produk yang sehat, berkualitas untuk customer. Jadi kita mau ngasih produknya itu yang customer needs, customer butuhkan tapi juga untuk taste dan rasanya customer itu bisa terima." jelasnya pada Rabu (10/05/2023).
Selain bertujuan untuk meningkatkan awareness, tentunya perlu memiliki produk yang berkualitas agar menimbulkan kepercayaan dan hubungan dengan konsumen. Oleh karena itu, Kalbe menggunakan teknik Trust, Quality, Emotional Connection untuk meningkatkan kesadaran dan popularitas produk mereka. Sehingga konsumen akan lebih mungkin memilih merek yang mereka percayai dan merasa terhubung dengan merek tersebut.
Lebih lanjut, Maria Roesli mengatakan "Jadi contohnya kalau mendengar Kalbe pertama kali ingat obat-obatan. Nah, kalau lagi sakit ada obatnya nih jadi bikin sembuh gitu berarti kan emotionally adalah we are here to take care of you gitu, jadi kalau kamu lagi sakit kita ada disini gitu."
Dalam membangun emotional connection dengan konsumen, Kalbe Nutritional sendiri ingin membuat makanan yang sehat dan asupan gizi untuk konsumennya. Misalnya pada salah satu produknya susu hamil Prenagen hadir agar anak dan Ibu dapat tetap sehat atau Morinaga, yaitu susu pertumbuhan anak yang baik untuk daya tahan dan perkembangan anak. Sehingga dalam membangun emotional connection itu berkaitan dengan meningkatkan kepercayaan konsumen dengan memberikan produk yang berkualitas (high quality product).
Baca Juga: MIT Kembangkan Printer Vaksin Patch Microneedle, Vaksinasi Jadi Makin Mudah!
Foto: Kalbe Nutritionals
Selain itu, Kalbe Nutritionals juga terus secara aktif mengembangkan produk nutrisi untuk memperkuat komitmennya dalam bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. Adapun setiap produk yang ditawarkan oleh Kalbe Nutritionals mengandung nutrisi yang diproduksi menggunakan bahan bermutu tinggi dan menerapkan teknologi terkini, sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi, mulai dari persiapan kehamilan, masa kehamilan, nutrisi bayi, anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Berikut adalah daftarnya Milna, Nutrive Benecol, Entrasol, Morinaga, Diabetasol, Prenagen, Fitbar, Zee, Hydro Coco, HiC1000, Prenagen Lova, Nutrive FiberShot, dan Slim&Fit.
Kalbe Nutritionals juga memiliki strategi yang digunakan dalam fokus mengintegrasikan brand komunikasi di seluruh platform perusahaan merek, adalah sebagai berikut.
- Menggunakan pesan yang konsisten di semua saluran komunikasi, seperti situs web, media sosial, dan kampanye iklan.
- Memahami target konsumen baik dari preferensi, minat, dan permasalahannya agar dapat menciptakan pesan yang relevan.
- Memanfaatkan komunikasi visual seperti gambar, video, dan infografis untuk menyampaikan pesan merek secara efektif.
- Jujur dan transparan dengan konsumen, seperti klaim yang dapat dipercaya berdasarkan peraturan BPOM.
- Mendengarkan masukan, melakukan respon terhadap komentar, pertanyaan, dan masalah konsumen dengan cepat.
Di era digital saat ini, saat ini perusahaan harus mulai bergerak dalam memanfaatkan teknologi untuk pemasaran digital agar dapat meningkatkan kesadaran akan produknya. Selain itu, Kalbe Nutritionals telah menggunakan strategi yang tepat dan memfokuskan brand komunikasi yang efektif. Tidak lupa, Kalbe juga menyampaikan bahwa salah satu indikator keberhasilan dari brand komunikasi adalah ketika konsumen telah menjadi pengguna setia dan duta merek.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.
(raa)