Foto: Sam Mobile
Teknologi.id – "Metaverse"
mungkin menjadi kata kunci terbaru dari dunia teknologi, berbagai perusahaan
mulai ramai ikut membuatnya.
Tetapi terlepas dari apakah
konsep ini memiliki masa depan atau tidak, Samsung
juga ikut bergabung dengan metaverse melalui VR miliknya sendiri yang disebut "My House" bekerja sama
dengan platform ZEPETO Naver Z.
Samsung memamerkan metaverse ini ke
publik untuk pertama kali pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2022 di
Las Vegas, Amerika Serikat, mulai 5 Januari.
Dengan "My House",
penggemar Samsung bisa merasakan sensasi mencoba beragam produk Samsung secara
langsung di gelaran CES 2022, meski
dalam versi virtual.
Samsung menggambarkannya sebagai
“pengalaman mendekorasi ruang” dan tentu saja, pengunjung dapat mendekorasi rumah metaverse mereka
menggunakan berbagai produk Samsung yang direpresentasikan dalam format
virtual.
Metaverse sendiri adalah sebuah
konsep, terdiri dari dunia virtual online yang menggabungkan fungsionalitas
internet dan IoT dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain
melalui pertemuan virtual, percakapan, kumpul-kumpul, dan sebagainya.
Menurut Youngwoong Kwon dari Pusat Pemasaran Global Samsung Electronics, ide besar platform "My House" adalah agar memungkinkan pengguna benar-benar mensimulasikan mendekorasi rumah impiannya, tak hanya membayangkannya dengan imajinasi semata.
Foto: Samsung Newsroom
Baca juga: Samsung Gaming Hub Menghadirkan Semua Layanan Game Favorit Anda
Menurut Samsung, pengguna tidak
hanya dapat mendekorasi furniture dan perabot rumah tangga sesuai keinginannya
di metaverse tersebut namun pengguna juga bisa mengatur tone warna dan gaya ruang di dalam rumah.
Sebelum "My House",
Samsung sudah beberapa kali menggunakan teknologi metaverse untuk memasarkan
produknya.
Misalnya Photo Booth, Galaxy House dan mempersonalisasi merk fashion.
Samsung juga bermitra dengan Microsoft,
mungkin untuk mengembangkan layar baru yang dikolaborasikan dengan HoloLens.
(fpk)