Teknologi.id - Bantuan langsung tunai atau BLT BBM merupakan salah satu bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah untuk mengurangi dampak kenaikan harga BBM kepada masyarakat.
BLT BBM ini akan didistribusikan kepada 20,65 juta penerima di seluruh Indonesia. Mengutip akun Instagram resmi Kemensos RI, indeks bantuan yang diberikan sebesar Rp 150.000 per orang per bulan selama 4 bulan, periode September hingga Desember 2022.
Penyaluran bantuan ini akan dilakukan dalam dua tahap, masing-masing tahapan akan disalurkan senilai Rp 300.000 per orang. Lalu, apa saja syarat dan cara pengecekan untuk mengetahui sebagai salah satu penerima BLT BBM? Berikut informasinya.
Syarat Penerima BLT BBM
- Warga miskin atau rentan miskin.
- Bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI, atau Polri.
- Terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam DTKS Kemensos.
- Warga atau pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta yang terkena dampak kenaikan BBM.
Cara Daftar BLT BBM
Masyarakat harus mendaftar untuk bisa menjadi salah satu penerima bantuan BLT BBM ini. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan KTP dan dilakukan secara online. Berikut langkah-langkahnya:
- Unduh aplikasi "Cek Bansos" melalui google play store.
- Buka aplikasi "Cek Bansos" dan klik "Buat Akun Baru".
- Isi data-data yang diminta sesuai dengan NIK, Nomor KK (Kartu Keluarga) dan data di KTP.
- Selanjutnya unggah foto KTP dan swafoto diri dengan KTP. Pastikan melakukannya dengan benar sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
- Klik "Buat Akun Baru".
- Klik "Daftar Usulan" untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM.
- Selanjutnya klik "tambah usulan".
- Isi data lengkap calon penerima BLT BBM sesuai dengan KTP.
- Tunggu beberapa menit, sampai data yang sudah diusulkan tersebut akan muncul.
Baca juga : Pendaftaran nomor IMEI Pada Gadget Semakin Mudah, Berikut Caranya!
Sampai di sini tahap mendaftar BLT BBM sudah selesai. Selanjutnya silahkan cek data penerima BLT BBM melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
Cara Cek BLT BBM melalui situs cekbansos.kemensos.go.id
Cek BLT BBM melalui situs cekbansos.kemensos.go.id sangatlah mudah dan dapat dilakukan secara online. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:
- Buka website cekbansos.kemensos.go.id.
- Masukkan data provinsi, Kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan berdasarkan KTP.
- Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP.
- Masukkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode.
- Jika huruf tidak muncul atau kurang jelas, klik ikon "ikon" untuk mendapatkan kode baru.
- Selanjutnya klik tombol "CARI DATA". Maka sistem akan mencari nama sesuai dengan wilayah yang diinput.
Apabila terdapat keluhan, bisa langsung menghubungi command center di nomor 021 171. Command center ini siap melayani 24 jam.
(aka)