Menang Telak Lawan Dewa Kipas, ini Pesan GM Irene ke Netizen

Fabian Pratama Kusumah . March 22, 2021


Foto: Tangkapan layar channel YouTube Deddy Corbuzier

Teknologi.id – Pertandingan catur persahabatan antara Dewa Kipas VS GM Irene Kharisma Sukandar telah usai dan berhasil dimenangkan oleh GM Irene dengan skor telak 3-0.

Duel ini disiarkan langsung di channel YouTube milik Deddy Corbuzier hari Senin (22/3/2021). Deddy berinisiasi untuk menyelenggarakan pertandingan catur ini.

Pertandingan ini bermula atas dasar polemik yang terjadi antara Dewa Kipas dan GothamChess di Chess.com beberapa waktu lalu.

Permainan diawali dengan Irene yang memegang bidak putih dan Dewa Kipas bidak hitam. Pertandingan catur diadakan selama 10 menit dan dimainkan dalam empat babak.

Baca juga: Meskipun Kalah dari GM Irene, ini ‘Gelar Baru’ Dewa Kipas

Bila pertandingan mengalami seri yakni 2 - 2, maka diadakan pertandingan tambahan. Kemudian dalam pertandingan tambahan, bila terjadi remis (seri), maka pemain dengan bidak hitam terpilih sebagai pemenangnya.

Menariknya, dalam pertandingan ini, Grandmaster Catur Indonesia Susanto Megaranto dan Woman International Master, Chelsie Monica menjadi komentator.

Selain itu Ketua Komisi PB Percasi, Henry Jamal sebagai moderator. “Kalau secara level, Irene jelas lebih di atas. Tapi kalau secara rating, tidak bisa juga jadi patokan,”

“Misalnya kayak saya, yang (punya skor) 2500, tapi bisa saja saya kalah sama yang (skor) 2300, bisa kalah. Kalau saya nilai (Dewa Kipas), sekitar rating, ya sekitar di 2100," kata GM Susanto.

Baca juga: Dewa Kipas Dadang Subur: Saya Sangat Menerima Kekalahan

"Kalau kelas ronda gak juga sih, di atas itu. Secara permainan lumayan, ya lumayan, tapi tidak cukup untuk melawan Irene,” lanjutnya.

Sementara penilaian serupa juga dikatakan oleh Chelsie. Ia menilai Dewa Kipas bisa bermain catur untuk sekadar bermain, tapi punya level yang jauh dengan Irene.

Setelah laga usai, Dadang Subur pun mengakui kekalahannya. "Saya sangat menerima kekalahan, Irene memang layak menjadi atlet wanita. Semoga mbak Irene tetap sukses," ucap Dadang.

Sementara itu, GM Irene mengaku sangat menikmati laga persahabatan dengan Dadang. Ia pun meminta sesuatu kepada netizen yang menyaksikan pertandingan tersebut.

Baca juga: GothamChess Siap Rematch dengan Dewa Kipas, ini Syaratnya

"Saya cuma mau bilang ke para netizen semua, setelah dari sini saya mohon jangan ada yang menghujat atau membully Pak Dadang,”

“Saya seminggu kemarin datang ke podcast Mas Deddy itu gunanya untuk membahas tentang akun Dewa Kipas, malah seminggu itu saya dibully habis-habisan," ujar Irene Sukandar dalam YouTube Deddy Corbuzier.

"Saya bawa data, ini untuk akun Dewa Kipas. Kalau saya dengan Pak Dadang, dengan adanya pertandingan seperti ini, kita menjaga persahabatan, kita menjaga silaturahmi,”

“Ini bukan ajang pembuktian, ini untuk menjaga persahabatan," sambungnya. Sebagai pemenang, GM Irene berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar 200 juta rupiah.

Sedangkan untuk Dewa Kipas, walaupun kalah dari GM Irene tetap mendapatkan hadiah sebesar 100 juta rupiah.

(fpk)

Share :