Pertama di Dunia, UEA Bakal Berlakukan 4,5 Hari Kerja Seminggu

Teknologi.id . December 11, 2021
Foto: Reddit


Teknologi.id - Uni Emirat Arab (UEA) menjadi negara pertama yang akan memberlakukan aturan 4,5 hari kerja seminggu.

Aturan jam kerja baru tersebut segera diberlakukan pemerintah UEA untuk semua entitas pemerintah Federal mulai 1 Januari 2022.

Nantinya ketika resmi diberlakukan, pekerja di UEA akan bekerja mulai hari kerja Senin hingga Kamis dari pukul 07.30 dan berakhir pukul 15.30, sementara khusus hari Jumat, jam kerja akan dimulai pukul 07.30 hingga 12.00 siang.

Hari Jumat memang dianggap hari paling istimewa dan suci dalam tradisi Islam. Khotbah dan salat Jumat akan diadakan di seluruh UEA pada pukul 13.15. Sementara itu, staf pemerintah akan memiliki fleksibilitas untuk membuat pengaturan bekerja dari rumah pada hari Jumat atau jam masuk berdasarkan waktu yang fleksibel.

Baca juga: Canggih!! Inilah Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Ngetik

Bahkan, tak hanya untuk pekerja, aturan jam kerja baru tersebut juga akan diterapkan untuk sekolah dan universitas. Hal itu terungkap dari surat kabar yang berbasis di Dubai, Khaleej Times, pada Sabtu (11/12/2021) yang melaporkan bahwa sekolah dan universitas juga akan mengikuti aturan baru ini, sehingga semua kelas akan berakhir pada Jumat siang.

UEA yang merupakan federasi tujuh negara kota independen di sepanjang pantai timur Semenanjung Arab, termasuk Abu Dhabi dan Dubai, menyebutkan peralihan ini memiliki manfaat ekonomi. Akhir pekan yang lebih panjang akan membantu meningkatkan produktivitas dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja.

Klaim tersebut bukan hanya bualan belaka, pada 2019 Microsoft Jepang menguji aturan jam kerja empat hari seminggu selama sebulan dan melihat peningkatan produktivitas sebesar 40%.

Baca juga: Inilah Pengertian Mata Uang Kripto dan Cara Kerjanya

Selain itu, pada awal tahun ini, sebuah eksperimen sosial dilakukan di Islandia untuk menyelidiki pro dan kontra bekerja empat hari seminggu. Hasilnya ternyata positif.

Sebagian besar pekerja tak hanya merasa lebih bahagia, lebih sehat, dan tidak terlalu stres, namun tempat mereka bekerja juga terdampak menjadi lebih produktif.

Mereka mengungkapkan menjadi memiliki lebih banyak energi untuk kegiatan lain, seperti bersosialisasi, berolahraga, dan hobi. Akhir pekan yang lebih panjang juga memungkinkan mereka punya lebih banyak waktu bersama keluarga atau teman, dan memudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya.

(dwk)

Share :