Dirjen Aptika Kominfo Semuel Pangerapan Mundur Imbas Serangan Ransomware PDNS 2

Teknologi.id . July 04, 2024
dirjen aptika kominfo semuel mundur imbas ransomware pdns 2
Foto: Bisnis.com


Teknologi.id - Pada Kamis (4/7), Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijadi Pangerapan, resmi mengundurkan diri dari jabatannya.

Dalam pernyataan resminya, Semuel mengatakan, "Tidak terasa sudah delapan tahun saya bertemu teman-teman, karena semua ada waktunya, ini waktunya saya berpisah. Saya menyatakan per tanggal 1 juli kemarin sudah saya ajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya sampaikan kemarin," ujarnya di Kantor Kominfo.

Ia juga menambahkan, "Terimakasih atas kerjasamanya selama ini dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan dan perkataan saya yang tidak berkenan."

Baca juga: Penuhi Janji, Hacker Brain Cipher Berikan "Kunci" Enkripsi Ransomware PDN

Pengunduran diri Semuel ini terkait dengan serangan ransomware yang menyerang Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya. Serangan ini telah berlangsung hampir dua pekan sejak pertama kali diketahui publik pada Jumat (20/6).

Semuel menegaskan bahwa pengunduran dirinya merupakan bentuk tanggung jawab moral atas insiden ransomware tersebut. "[Saya mundur] sebagai tanggung jawab moral saya," ujarnya.

Meskipun mundur dari jabatannya, Semuel menyatakan akan terus melanjutkan misi transformasi digital Indonesia. Ia berpendapat bahwa tanggung jawab tersebut tidak hanya berada di tangan pemerintah, tetapi juga semua pihak yang terlibat.

Sebelum bergabung dengan pemerintahan, Semuel memiliki latar belakang di sektor swasta.

"Saya juga berasal dari swasta sebelum bergabung ke pemerintahan," ungkapnya, menandakan bahwa dirinya akan terus berkontribusi dalam transformasi digital Indonesia dari berbagai sisi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Share :