Di Balik Fomo Labubu, Pop Mart Buka Gerai Pertama di Indonesia Langsung Diserbu!

Afanin Hazimah . September 25, 2024

Foto: Postingan Instagram Pop Mart Indonesia

Teknologi.id - Tahukah kamu boneka Labubu yang saat ini sedang ramai diburu oleh penggemar blind box dan kolektor mainan? Ternyata boneka ini merupakan salah satu koleksi karakter yang dijual oleh Pop Mart, lho! Pop Mart sendiri merupakan sebuah perusahaan mainan global yang sudah membuka cabangnya di berbagai negara, termasuk Indonesia pada tahun 2024. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Setelah memiliki hingga 500 gerai di 30 negara, Pop Mart semakin melebarkan sayapnya dengan membuka gerai pertama di Indonesia. Perusahaan mainan global ini resmi membuka gerai pertamanya di Indonesia pada tanggal 19 Juli 2024 tepatnya di Gandaria City Mall.

Perusahaan mainan ini memiliki target pasar yaitu negara dengan ekonomi yang besar dan lebih didominasi oleh kaula muda. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa Indonesia dipilih sebagai target pasar Pop Mart yang berikutnya. Southeast Asia Director Pop Mart, Jeremy Lee pada acara grand opening Pop Mart di Gandaria City Mall, mengatakan bahwa alasan gerai Pop Mart juga dibuka di Indonesia adalah karena Indonesia memiliki ekonomi besar dengan jumlah anak muda yang lebih mendominasi.

Pop Mart merupakan perusahaan mainan asal Tiongkok yang didirikan pada tahun 2010 oleh Wang Ning. Dengan mengusung konsep blind box dan produk-produk yang dijual bersifat limited sehingga produk dari Pop Mart biasa dijadikan sebagai sebuah koleksi. 

Baca juga: YouTube Rilis Fitur Hype: Solusi Bagi Kreator Kecil Perluas Jangkauan dan Popularitas

Produk Pop Mart berupa koleksi yang trendi dan lucu dari berbagai karakter kartun, anime, dan budaya pop  yang biasanya dicari oleh anak-anak muda penyuka budaya-budaya pop dan koleksi berkarakter khusus. Terlebih lagi, konsep blind box yang digunakan saat membeli koleksi yang juga terbatas, mampu memancing daya tarik pembeli untuk memburu karakter yang disukai. 

Sejak kehadiran gerai Pop Mart di Indonesia, ketertarikan anak muda untuk mengoleksi produk-produk lucu dan menggemaskan dari Pop Mart semakin meningkat. Hal ini sudah disiasati sejak awal oleh pihak Pop Mart dengan menyiapkan konsep produk eksklusif saat grand opening. 

Pada acara grand opening, Pop Mart Indonesia hanya menyediakan stok produk dengan edisi terbatas dan bersifat eksklusif sehingga yang bisa mendapatkan produk tersebut hanya pelanggan dengan tiket khusus dari media sosial resmi Pop Mart Indonesia. Sederetan produk limited yang dihadirkan Pop Mart pada acara grand opening di antaranya, Hironi Reshape, Rainbow Molly, Dimoo Milk Tea, dan The Monsters (Exciting Crbaby X Powerpuff Girls Vinyl Face Plush Pendant) dan Macaron 

Ketersediaan produk yang terbatas ini juga dijelaskan oleh Jeremy. "Kami mengeluarkan produk dengan edisi terbatas dan sangat langka, karena biasanya hanya berjumlah 200 produk di seluruh dunia, khusus untuk setiap grand opening gerai" ungkap Jeremy. 

Pop Mart di Indonesia terhitung menjadi gerai internasional ke-100 dari 30 negara keseluruhan yang sudah membuka gerai Pop Mart. Sebagai perusahaan mainan global, tentunya Pop Mart memiliki konsep yang mampu menjadi nilai jual sehingga dapat bersaing di kancah internasional.

Konsep Blind Box yang Penuh Kejutan

Foto: Blind Box di Pop Mart (Tribunnews.com)

Konsep blind box yang dibawakan Pop Mart dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Konsep blind box adalah konsep yang membuat konsumen tidak mengetahui figur yang mereka dapatkan saat membeli produk, sehingga hal ini mampu menjadi keseruan, kejutan, dan tantangan tersendiri bagi para pembeli. Biasanya, konsumen akan terus membeli blind box hingga mendapatkan produk dengan figur atau karakter yang diinginkan.

Koleksi Trendi dengan Desain dari Seniman Ternama

Foto: Karakter Molly (Pop Mart)

Sejak Pop Mart ini didirikan, Wang Ning, pendiri Pop Mart menggandeng seniman supaya dapat mengembangkan karakter-karakter pada koleksi dalam kotak buta itu. Contoh produk yang merupakan hasil kerja sama dengan seniman, yaitu Molly, karakter wanita yang memiliki wajah bulat dan mata besar. Karakter ini merupakan desain dari seniman asal Hong Kong yang bernama Kenny Wong. Karakter-karakter lain dari koleksi Pop Mart juga mengandalkan kolaborasi dengan seniman-seniman untuk menghasilkan karakter yang lebih lucu dan menggemaskan.

Boneka Labubu, Salah Satu Koleksi Pop Mart yang Laris Diserbu 

Foto: Boneka Labubu

Dengan keberadaan Pop Mart di Indonesia, para penggemar blind box dan kolektor mainan kini tidak perlu harus ke luar negeri untuk membeli mainan yang diinginkan. Saat ini Pop Mart Indonesia juga menghadirkan berbagai karakter yang sama seperti di Pop Mart luar negeri. Seperti boneka Labubu yang menjadi viral dan laris diserbu. Baik kalangan muda, anak-anak, hingga orang dewasa juga memburu boneka berkarakter lucu dengan mata bulat besar dan gigi taring ini.

Labubu viral pertama kali setelah tampak dibawa ke mana-mana sebagai gantungan tas oleh Lisa, salah satu idol K-Pop member Blackpink. Sejak saat itu, boneka dengan ekspresi lucu ini menjadi viral hingga muncul Fomo Labubu. Banyak orang yang menyukai karakter ini memburunya di berbagai gerai Pop Mart di dunia. Termasuk Pop Mart di Indonesia yang dibuat semakin ramai akibat fomo Labubu. 

Boneka yang karakternya diciptakan oleh seniman bernama Kasing Lung ini sudah mengalami ketenaran sejak April 2024, lalu hadirnya Pop Mart Indonesia membuat boneka ini juga lebih mudah didapatkan di Pop Mart Indonesia. Keberadaan Pop Mart di Indonesia dan boneka Labubu yang mengakibatkan fomo di tengah masyarakat, membuat gerai Pop Mart pertama di Indonesia langsung diserbu. Bahkan pada beberapa pemberitaan, disebutkan terjadi antrian yang sangat panjang hingga memakan waktu berjam-jam untuk bisa mendapatkan boneka Labubu ini. 

Baca juga artikel lainnya di Google News.

(AH)

Share :