Konten Pribadi Kini Bisa Disembunyikan di Ponsel, Begini Caranya

Afanin Hazimah . October 15, 2024

cara sembunyikan di ponsel
Foto: Nextpit

Teknologi.id - Konten pribadi kini bisa disembunyikan di ponsel dengan cara efektif yang bisa dicoba semua pengguna ponsel. Google Foto dan Samsung Secure Folder menyediakan fitur khusus untuk mengamankan file atau konten yang sifatnya privasi di ponsel. Kini tidak perlu lagi khawatir seseorang dapat mengetahui konten pribadi tersebut saat meminjam ponsel kita. 

Beberapa di antara para pengguna menjadikan ponsel sebagai ranah privasi yang tidak boleh diketahui oleh sembarang orang. Bersamaan dengan hal tersebut, biasanya para pengguna memilih untuk menyimpan beberapa file atau konten pribadi yang sifatnya privasi. Selain karena merasa lebih memudahkan saat dibutuhkan kapan pun, sebab handphone pasti selalu dibawa ke mana-mana, dengan menyimpan folder penting di handphone juga bisa terjamin keamanannya supaya tidak bisa dibuka oleh siapa pun dengan menggunakan fitur yang sudah tersedia. 

Google Foto dan Samsung Secure menyediakan fitur-fitur keamanan bagi para pengguna untuk menyimpan file pribadi di handphone jauh lebih aman. Google Foto dan Samsung Secure memungkinkan pengguna untuk mengunci file-file privasi dengan fitur-fitur yang tersedia. 

Baca juga: Ini Cara Menggunakan Locked Folder untuk Sembunyikan Foto di Google Photos

Berikut langkah-langkah untuk membuat folder yang terlindungi dan privasi jadi tetap terjaga dengan aman. 

Cara menyiapkan Secure Folder atau Folder Terkunci

Pengguna dapat menyimpan foto, video atau file lainnya yang ingin disembunyikan dengan memindahkannya ke folder terkunci pada ponsel. Sebelum itu, folder terkunci ini harus disiapkan terlebih dahulu. Saat pertama kali file-file tersebut dipindahkan ke folder terkunci, pengguna akan diminta untuk mengatur settingan folder. Perlu diketahui bahwa folder terkunci hanya tersedia di perangkat Android yang sudah berada pada versi 6 ke atas.

Dengan menyimpan file-file di folder terkunci, keamanannya akan lebih terjaga. Dengan catata, pengguna harus dapat menjaga kerahasiaan kode kunci layar perangkat, sebab akses ke kunci layar perangkat juga bisa sekaligus membuka folder terkunci.

Folder terkunci dapat melalui dua opsi, yaitu menggunakan Google Foto atau Samsung Secure. Berikut cara menggunakan Google Foto untuk menyimpan file-file pribadi di foler terkunci Google Foto. 

  1. Buka aplikasi Google Foto
  2. Klik Koleksi yang terletak di bagian bawah
  3. Gulir ke bawah, lalu pilih Dikunci 
  4. Lalu pilih opsi Siapkan Folder Terkunci
  5. Langkah terakhir, kamu dapat ikuti petunjuk di layar untuk membuka kunci atau PIN yang sama dengan kunci layar perangkat. Jika belum ada file yang ditambahkan, maka akan tampil di layar "belum ada apa-apa di sini"

Baca juga: Cara Simpan File dengan Safe Folder Google di Android

Kata sandi pada folder terkunci akan sama dengan kunci layar perangkat, jika belum menyiapkan kunci layar, silakan untuk mengaturnya terlebih dahulu. Dengan begitu, tetaplah menjaga kerahasiaan kunci layar perangkat sekaligus menjaga kerahasiaan folder terkunci. 

Selain menggunakan Google Foto, fitur secure folder ini juga bisa digunakan melalui Samsung Secure. Bagi pengguna handphone Samsung, bisa memanfaatkan fitur ini dan sudah terenkripsi sebagai penyimpanan file pribadi, seperti foto, video, dan lainnya. Berikut langkah-langkah menggunakan Samsung secure folder.

  1. Buka opsi pengaturan atau setting di perangkat
  2. Ketik "Secure Folder" di kolom search, klik lalu pilih opsi yang paling atas.
  3. Pada layar akan tertera petunjuk untuk menyiapkan Secure Folder dengan sidik jari, PIN, atau kata sandi.
  4. Lalu buka Galeri
  5. Pilih dan tahan file yang ingin diamankan 
  6. Klik ikon tiga titik yang terletak di bagian bawah
  7. Pilih opsi  Pindahkan ke Secure Folder

Menyimpan file-file sensitif atau yang bersifat privasi di handphone adalah hak setiap pengguna dan bisa dilakukan oleh siapapun dengan mudah. Kini file-file pribadimu sudah bisa disembunyikan di folder terkunci, baik melalui Google Foto maupun Samsung Secure. Perlu diingat bahwa PIN atau kata sandi untuk membuka secure folder tersebut sama dengan kunci yang terdaftar untuk membuka layar perangkat. Maka dari itu, pastikan kunci layar tetap terjaga dan tidak diketahui oleh sembarang orang. Selamat mencoba, ya!

Baca juga artikel lainnya di Google News


Share :