Kesal Sering Ada Panggilan Spam? Begini Cara Menghindarinya

Zoyabelle Ratu Arbian . August 21, 2024


cara menghindari panggilan spam
Sumber: Pexels.com

Teknologi.id - Salah satu hal yang tidak disukai kebanyakan orang pengguna ponsel adalah menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

Belum lagi jika nomor tersebut melakukan spam atau panggilan dari penipu hingga dari sales marketing. Hal hal seperti mengganggu kegiatan atau bahkan kerugian akibat ulah penipu tentunya menjadi hal yang sangat ingin dihindari.

Di era digital saat ini, menerima pesan atau panggilan seperti itu memang masih sering terjadi, tapi semakin berkembangnya fitur bawaan ponsel, kini Anda dapat menanggulangi panggilan yang tidak diinginkan. 

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Blokir Pesan dari Nomor Tidak Dikenal untuk Hindari Phising

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah panggilan tersebut, salah satunya adalah dengan mengatur pengaturan ponsel Anda agar tidak menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

Cara Menghindari Panggilan Spam di HP Android

Jika Anda memiliki ponsel Android,  anda dapat mengaktifkan Fitur Penolakan Otomatis. Beberapa ponsel memiliki fitur ini untuk menolak panggilan secara otomatis dari nomor yang tidak dikenal.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui menu: Pengaturan > Panggilan > Daftar Blokir > Blokir panggilan dari orang tak dikenal.

Cara Menghindari Panggilan Spam di iPhone

Jika ponsel Anda adalah iPhone, dan telah menggunakan software iOS 13 dan setelahnya, terdapat fitur penolakan otomatis panggilan tidak dikenal.

Nonaktifkan fitur tersebut dengan cara : Pengaturan > pilih Phone > tekan Silence Unknown Callers.

Cara Menghindari Panggilan Spam dengan Aplikasi Tambahan

Bila opsi tersebut belum sesuai dan Anda membutuhkan keamanan lebih, Anda dapat menggunakan aplikasi ketiga sebagai tambahan.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu Anda untuk memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Aplikasi ini biasanya menawarkan berbagai fitur tambahan seperti pemblokiran otomatis untuk panggilan spam.

Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah GetContact, yang dapat diunduh pada ponsel Android juga iPhone. Aplikasi ini memiliki fitur Spam Call Protection, segera nyalakan fitur ini seusai terunduh. 

Baca juga: Begini Tips Agar Chat WA Tidak Tenggelam dan Ketinggalan Info Penting

Cara Menghindari Panggilan Spam di WhatsApp

Artikel ini juga memberikan Anda solusi untuk memblokir pesan tidak diinginkan dari aplikasi WhatsApp. WhatsApp telah merilis fitur yang memungkinkan pengguna untuk memblokir pesan dari nomor yang tidak dikenal secara otomatis.

Dengan fitur ini, setiap pesan yang masuk dari nomor yang tidak ada dalam daftar kontak Anda akan langsung diblokir, sehingga tidak akan muncul di layar ponsel Anda. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering menerima pesan spam atau penipuan yang berasal dari nomor yang tidak dikenal.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana. Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu "Pengaturan". Selanjutnya, pilih "Privasi" dan kemudian "Pesan", aktifkan opsi "Blokir Pesan dari Nomor Tidak Dikenal".

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan WhatsApp tanpa terganggu oleh pesan yang tidak diinginkan.

Jika Anda ingin tetap menerima panggilan nomor yang tidak dikenal, mengantisipasi nomor kontak yang belum disimpan, Anda dapat menyalakan fitur Do Not Disturb (DND). Dengan fitur tersebut, notifikasi panggilan tidak akan masuk dan berbunyi namun tersimpan pada histori panggilan.

Baca juga: Google Luncurkan Fitur Baru, Bisa Pindahkan Panggilan dari HP ke Laptop!

Memblokir pesan dan panggilan dari nomor yang tidak dikenal adalah langkah penting untuk menjaga privasi dan keamanan, demi kenyamanan Anda.

WhatsApp dan berbagai perangkat ponsel telah menyediakan berbagai fitur untuk membantu Anda mengatasi gangguan ini. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda bisa merasa lebih tenang dan nyaman dalam berkomunikasi, tanpa harus terganggu oleh pesan atau panggilan yang tidak diinginkan.

Baca berita dan artikel lainnya : Google News

Share :