Ikuti Cara Ini Agar Foto yang Kamu Upload di Instagram Tidak Pecah atau Ngeblur

Nova Dila Amalia Robo . October 17, 2024

Cara Upload Foto di Instagram Tidak Pecah atau Ngeblur

Teknologi.id- Tentu kita semua pernah menyadari saat mengunggah foto di Instagram kualitas foto tersebut tidak sebaik dengan foto aslinya yang ada di galeri. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar foto-foto kamu tetap terlihat jernih dan berkualitas tinggi di Instagram.

Sebelum membahas solusinya, mari kita bahas dulu kenapa foto bisa jadi pecah saat diunggah di Instagram. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain:

Kompresi: Instagram, sama seperti sosial media lain pada umumnya secara otomatis akan mengompres foto yang kamu unggah agar ukuran filenya lebih kecil dan tidak membebani server Instagram.

Secara default, foto yang diunggah ke Instagram terlihat cukup baik kualitasnya walaupun tidak setajam file aslinya. Walaupun perbedaannya sekilas tidak begitu tampak secara kasat mata, namun bagi sebagian orang proses kompresi ini terkadang bisa mengurangi kualitas gambar.

Baca Juga : Psikolog Ungkap Gen Z yang Punya Second Account Instagram Berisiko Depresi Tinggi!

Resolusi

: Foto dengan resolusi rendah cenderung lebih mudah pecah saat diperbesar atau dikompres.

Format File: Format file yang kamu gunakan juga berpengaruh. Beberapa format file lebih baik dalam mempertahankan kualitas gambar dibandingkan yang lainnya.

Untuk meningkatkan kualitas unggahan, Instagram sebenarnya telah menyediakan fitur yang dapat memungkinkan pengguna untuk mengunggah dengan kualitas terbaik. Akan tetapi, fitur ini tidak begitu saja otomatis aktif secara default, sehingga untuk meningkatkan kualitas unggahan, pengguna perlu mengaktifkan fitur ini secara manual di Instagram.

Cara mengaktifkan fitur high quality di Instagram

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Masuk ke bagian Profil. 
  • Klik ikon titik hamburger di pojok kanan atas.
  • Gulir ke bawah sampai menjumpai kolom “Your app and media”.
  • Pilih opsi “Data usage and media quality”.
  • Aktifkan toggle pada opsi “Upload at highest quality”.

Dengan diaktifkan fitur ini, segala jenis unggahan instagram, seperti Foto, video, stories, hingga reels akan secara otomatis ditingkatkan kualitasnya.

Namun, jika sudah mengaktifkan fitur ini namun kualitas unggahan masih pecas, maka kemungkinan foto yang diunggah memang memiliki kualitas yang kurang baik.

Baca Juga : Cara Mudah Bikin Konten Instagram Lebih Menarik dengan AI

Oleh karena itu, anda dapat mencoba hal-hal ini : 

  • Pilih Resolusi yang Tepat : Usahakan mengambil foto dengan resolusi tinggi (minimal 1080 piksel). Semakin tinggi resolusi, semakin detail gambar yang dihasilkan. Berikut adalah resolusi yang tepat untuk jenis unggahan instagram mu; Feed (Square): 1080 x 1080 pixelFeed (Portrait): 1080 x 1350 pixelFeed (Landscape): 1080 x 608 pixelStory/Reels: 1080 x 1920 pixel
  • Rasio: Sesuaikan rasio foto dengan rekomendasi Instagram, yaitu 1.91:1 dan 4:5. Dengan rasio ini, foto kamu akan ditampilkan secara optimal tanpa perlu dipotong.
  • Kompres dengan Benar: Jika kamu khawatir foto kamu terlalu besar, gunakan aplikasi edit foto untuk mengompresnya. Pilih opsi kompres yang tidak terlalu agresif agar kualitas gambar tetap terjaga.
  • Perbaiki Detail: Beberapa aplikasi edit foto memungkinkan kamu untuk memperbaiki detail gambar, seperti meningkatkan ketajaman atau mengurangi noise.
  • Pilih Filter yang Tepat: Menggunakan filter memang bisa membuat foto kamu terlihat lebih menarik, namun jangan terlalu berlebihan. Filter yang terlalu berat bisa membuat detail gambar menjadi hilang dan terlihat buram.
  • JPEG atau PNG: Dua format file yang paling umum digunakan untuk foto adalah JPEG dan PNG. JPEG lebih baik dalam hal kompresi, sedangkan PNG lebih baik dalam mempertahankan detail warna. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Hindari Editing Berlebihan: Mengedit foto terlalu banyak sebelum diunggah bisa mengurangi kualitas gambar. Usahakan untuk mengedit foto secukupnya saja.

Selain melakukan hal-hal diatas, tentunya kondisi jaringan internet juga berpengaruh besar terhadap kualitas unggahan foto kita di Instagram. Oleh sebab itu, penting unutk memastikan jaringan internet kita stabil sebelum melakukan pengunggahan ke Instagram agar mendapatkan kualitas yang masksimal.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan agar kualitas unggahan Instagram mu tidak lagi pecah, tetapi menghasilkan kualitas yang jernih.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News.

(nda)





Share :