Cara Membatasi Komentar di Akun Instagram Agar Interaksi Lebih Positif

Sekar Arum Pangastuti . September 03, 2024


Cara Membatasi Komentar di Akun Instagram
Foto: LifeWire


Teknologi.id – Instagram kini menjadi sebuah ruang publik di mana semua orang bebas berekspresi dan berinteraksi di dalamnya. Namun, seringkali pengguna menemukan komentar-komentar negatif yang bisa membatasi kebebasan berekspresi dan berinteraksi.

Dalam rangka menjaga kualitas interaksi antar pengguna, Instagram menghadirkan fitur pembatasan komentar di postingan Instagram. Fitur ini ditujukan untuk menghindarkan pengguna dari gangguan komentar negatif yang tidak diinginkan di Instagram.

Instagram merilis beberapa fitur yang berfungsi untuk mengatur kolom komentar dengan tujuan untuk mewujudkan platform yang aman dan positif bagi para penggunanya.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, pengguna bisa memastikan hanya komentar-komentar yang sesuai dan sopan yang akan muncul di postingannya.

Baca Juga: Instagram Hadirkan Fitur Tambah Lagu ke Halaman Profil, Begini Caranya

Fitur ini dirancang bukan hanya untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan ketika berinteraksi dan berekspresi di Instagram, tapi untuk menjaga citra baik pengguna di mata publik. Berikut ini cara membatasi komentar di Instagram Anda.

Cara Membatasi Komentar Postingan Instagram

·         Buka Instagram yang ada di HP Anda.

·         Masuk dalam laman profil, lalu ketuk ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas layar.

·         Pilih opsi “Pengaturan dan Aktivitas”.

·         Scroll ke bawah lalu ketuk opsi “Komentar”.

·         Klik “Izinkan komentar dari” kemudian pilih salah satu dari opsi yang tersedia.

·         Jika Anda memilih opsi “Semua orang” berarti Anda mengizinkan semua pengguna Instagram baik pengikut, bukan pengikut, bahkan orang yang tidak berhubungan dengan Anda sekalipun untuk berkomentar di postingan Anda.

·         Jika Anda memilih opsi “Orang yang anda ikuti” berarti hanya orang-orang yang akunnya Anda ikuti yang boleh berkomentar di postingan Anda.

·         Jika Anda memilih opsi “Pengikut” berarti Anda hanya memperbolehkan orang-orang yang mengikuti akun Anda untuk berkomentar di postingan Anda.

·         Jika Anda memilih opsi “Orang yang Anda ikuti dan Pengikut Anda” berarti hanya orang-orang yang Anda ikuti akunnya dan orang-orang yang mengikuti akun Anda yang boleh berkomentar di postingan Anda.

·         Jika Anda memilih opsi “Nonaktifkan komentar” berarti Anda siapapun tidak boleh berkomentar di postingan Anda.

Baca Juga: Cara Live Streaming Instagram di PC dengan Instagram Live Producer

Cara Membatasi Komentar Instagram Stories

Fitur pembatasan komentar tidak hanya bisa digunakan di Instagram Feed, tapi juga di Instagram Stories. Sama seperti di Feed Instagram, Anda bisa memilih untuk mengaktifkan komentar untuk semua orang, orang yang Anda ikuti, pengikut Anda, atau menonaktifkan komentar. Berikut caranya:

·         Buka aplikasi Instagram yang ada di HP Anda.

·         Masuk dalam laman profil, lalu ketuk ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas layar.

·         Pilih opsi “Pengaturan dan Aktivitas”.

·         Scroll ke bawah lalu ketuk opsi “Komentar”.

·         Pilih opsi “Komentar Cerita”.

·         Pilihlah salah satu dari opsi yang ditawarkan seperti semua orang, orang yang Anda ikuti, pengikut Anda, atau menonaktifkan komentar.

Baca juga: Cara Masuk Akun Instagram yang Lupa Kata Sandi

Selain fitur pembatasan komentar, Instagram telah merilis fitur-fitur lain yang berfungsi untuk mewujudkan platform yang aman dan positif. Diharapkan pengguna dapat merasa nyaman ketika berekspresi dan berinteraksi di Instagram. Fitur-fitur tersebut adalah:

1.       Anonymous Reporting

Fitur Anonymous Reporting merupakan fitur Instagram yang berfungsi untuk melaporkan komentar-komentar negatif yang ada di Instagram Live. Dengan fitur ini tidak hanya pelaku live saja yang bisa melaporkan komentar negatif, tapi juga pengguna lain. Laporan akan dikirim secara anonim sehingga pengguna dapat merasa aman.

2.       Love Sticker

Instagram sendiri telah menyediakan banyak sticker love dalam berbagai bentuk untuk mendukung interaksi positif di dalamnya. Diharapkan pengguna dapat berbagi banyak cinta dan kasih sayang di Instagram serta mencegah adanya perundungan siber.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(sap)


Share :