Cara Membagikan dan Mengunduh Album Google Foto

Muhammad Iqbal Mawardi . September 02, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Satu hal yang Google benar-benar ingin lakukan adalah ingin penggunanya tetap “berada di Google”.  Karena semakin banyak kita melakukan sesuatu di Google, semakin banyak data yang dapat dimonetisasi oleh Google.

Misalnya, saat kita ingin menampilkan album foto keluarga yang disimpan di Google Foto. Jika orang yang ditunjukan cukup memahami Google, itu bukan masalah sama sekali. Kita cukup berbagi album dengan mereka.

Cara Berbagi Album Foto via Website

  1. Klik "Album" di menu sebelah kiri Google.
  2. Arahkan kursor ke album yang ingin kamu bagikan, dan klik pada tiga titik.
  3. Klik "Bagikan album".
  4. Cara Membagikan Album Foto Langsung di Galeri
  5. (yang ini dari sumbernya emang ga ada gambar kaa)
  6. (tambah gambar) tolong bal yaaa makasi baal
  7. Buka aplikasi
  8. PIlih "Perpustakaan" di bagian bawah layar.
  9. Pilih album yang ingin Anda bagikan.
  10. Pilih “Bagikan”.

Namun, katakanlah kepada orang tersebut untuk mengunduh salinan foto yang akan dikirim melalui email ke teman atau untuk diunggah ke aplikasi non-Google.

Baca juga: Fitur Baru Buat Pengiriman Gambar di WhatsApp Tidak Pecah

Cara Mendownload Album via Website

Tidak sulit untuk mengunduh album foto via website. Kamu hanya perlu tahu lokasi album tersebut. Berikut tata caranya.

  1. Pilih "Album" di menu sebelah kiri.
  2. Pilih album yang ingin kamu bagikan, baik dengan mengklik album di bagian utama atau memilih nama album di kolom sebelah kiri
  3. Klik pada tiga titik di sudut kanan atas dan pilih "Unduh semua."
  4. Google kemudian akan mengunduh file zip yang berisi foto-foto dari album kamu.
  5. Kamu juga dapat mengunduh beberapa album atau semua dengan menggunakan Google Takeout, yang memungkinkan kamu mengekspor data yang disimpan di akun Google kamu. Caranya adalah:
  6. Buka halaman "Unduh data Anda" di akun kamu.
  7. Klik "Batalkan pilihan semua" (karena halaman ini secara otomatis memeriksa setiap layanan Google yang kamu gunakan).
  8. Halaman ke bawah ke Foto Google dan pilih dengan mengklik di kotak centang.
  9. Klik tombol yang bertuliskan "Semua album foto disertakan." Sekali lagi, klik "Batalkan pilihan semua" dan kemudian centang kotak album yang ingin kamu unduh.
  10. Klik “Multiple format” untuk informasi tentang bagaimana foto kamu akan diunduh. Misalnya, foto yang sebenarnya akan diunduh dalam format yang sama dengan yang diunggah, sedangkan metadata akan diunduh sebagai file JSON.
  11. Scroll ke bawah dan klik "Langkah berikutnya."
  12. Kamu dapat memilih bagaimana kamu akan menerima album tersebut. Album dapat diterima melalui tautan email atau mengirimkannya dengan Dropbox, Drive, OneDrive, atau Box.
  13. Kamu juga bisa memilih apakah kamu ingin ini menjadi unduhan satu kali, apakah kamu menginginkannya sebagai file ZIP atau TGZ, dan berapa ukuran maksimum file tersebut.
  14. Kamu akan menerima email yang memberi tahu kamu tentang unduhan yang berhasil dan menawarkan tautan untuk mengunduh file tersebut, atau jika kamu memilih untuk mengirimnya ke layanan penyimpanan cloud, ke tempat pengirimannya.

(MIM)

Share :