Foto: jne.co.id
Teknologi.id - Semua orang, terutama yang bergerak di bidang perusahaan internet, harus memahami cara pengiriman barang via JNE.
Berdirinya e-commerce atau marketplace mengharuskan keberadaan JNE. Bisnis pengiriman antar kota ini telah beroperasi sejak tahun 1990 dan memiliki lebih dari 6.000 outlet di seluruh Indonesia.
Alhasil, banyak orang memilih untuk mengirimkan barangnya melalui JNE. Karena cabang JNE tersebar luas dan mudah diakses.
Jika Anda seorang vendor online atau hanya ingin mengantarkan barang ke kerabat melalui JNE, ikuti petunjuk sederhana di bawah ini.
1. Siapkan Barang untuk Dikirim
Tahap pertama adalah mempersiapkan produk untuk pengiriman. JNE akan menolak berbagai hal yang melanggar hukum, antara lain:
Barang berbahaya yang mudah meledak atau terbakar.
Narkotika dan psikotropika.
Senjata api, senjata tajam, dan senjata lainnya.
Emas.
Prangko.
Barang curian.
Cek, bilyet giro, uang tunai, money order, traveller’s cheque.
Benda yang melanggar kesusilaan dan lainnya yang menurut perundang-undangan dinyatakan sebagai barang terlarang.
2. Pengemasan Barang
Pastikan Anda telah melakukan pengemasan yang aman agar barang yang akan diangkut tidak rusak.
Anda juga dapat menggunakan JNE @BOX, yang merupakan solusi pengemasan kiriman yang memenuhi regulasi udara. JNE @BOX menggunakan kemasan bubblepack, yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan barang pecah belah atau barang elektronik.
JNE @BOX menawarkan tiga ukuran paket:
18.5 x 24.5 x 10 cm untuk barang dengan berat 1 kg dengan harga Rp 4.000,-.
30 x 30 x 12 cm untuk barang dengan berat 3 kg dengan harga Rp 6.500,-.
35 x 33 x 17 cm untuk barang dengan berat 3 kg dengan harga Rp 9.500,-.
3. Menulis Alamat untuk Kirim Barang Lewat JNE
Saat pengemasan selesai, tuliskan seluruh alamat penerima dan pengirim. JNE membutuhkan informasi berikut untuk mempermudah proses pengiriman:
Nama pengirim dan penerima
Alamat lengkap: jalan dan nomor rumah, kelurahan atau desa, kecamatan, kabupaten atau kota, dan kode pos
Nomor telepon yang dapat dihubungi.
Pastikan Anda menulis dengan font yang jelas, besar, dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk memberikan alamat rumah Anda; jika alamat penerima tidak ada, barang akan dikembalikan kepada Anda.
4. Kirim Barang ke Jne
1. Pergi ke Kantor atau Cabang JNE Terdekat
Pergilah ke kantor JNE yang terdekat dari rumah Anda. Anda dapat menemukan lokasi JNE dengan mengunjungi www.jne.co.id lalu klik 'Temukan Lokasi Terdekat' di website JNE. Kemudian akan muncul peta yang menunjukkan titik-titik cabang JNE di sekitar lokasi Anda. Ketika Anda mengklik salah satu tempat terdekat, alamat lengkap akan muncul.
2. Serahkan Barang dan Bayar Ongkos Pengiriman
Hubungi kantor agen JNE terdekat dan berikan alamat rumah Anda jika Anda ingin JNE mengambil produk Anda di rumah. Kurir JNE akan mengambil barang pada waktu yang ditentukan.
Kirim dan bayar JNE berdasarkan harga. Anda dapat mengecek harga pengiriman di website resmi JNE sebelum datang ke kantor JNE. Masuk ke area tarif pengiriman www.jne.co.id, lalu masukkan kota pengirim, kota penerima, berat produk, dan captcha, lalu klik tombol 'Cek'.
3. Jne akan Memberikan Resi
JNE akan menyalin alamat yang Anda tulis dan menanyakan isi barang. Setelah selesai, JNE akan menerbitkan salinan kwitansi yang mencantumkan nomor resi serta alamat penerima dan pengirim. Sebelum meninggalkan kantor agen JNE, periksa kembali alamat yang tertulis.
5. Cara cek Barang Pakai Resi
Anda dapat mengetahui barang apa saja yang akan dikirim oleh JNE dengan melihat resi JNE. Jika Anda adalah vendor online, Anda dapat memberikan nomor resi kepada pelanggan.
Verifikasi struk JNE sangatlah mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka www.jne.co.id.
Anda akan melihat area pengiriman trek setelah login di homepage situs JNE. Masukkan nomor resi lalu tekan tombol 'Pelacakan'.
Setelah itu, prosedur pengiriman dan posisi item saat ini akan ditampilkan.
Demikian instruksi pengiriman barang dengan JNE. Pastikan alamat penerima ditulis dengan benar dan lengkap. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi layanan pelanggan JNE di (62-21) 5086 8880 atau customercare@jne.co.id. (aks)